jasa digital marketing
digital agency
Services

Jasa Maintenance Profesional

Jadi Suka Web

Di sini, di jadi suka web kami bangga memberikan faktor WOW untuk usaha / bisnis Anda.

Apa itu Content Marketing dan Mengapa Anda Membutuhkannya

Sekarang, saya yakin Anda telah banyak mendengar tentang Content Marketing / pemasaran konten.
Ini bukan strategi atau tren internet baru, trik pemasaran yang satu ini telah melanda di berbagai Negara, ini adalah strategi atau alat pemasaran yang efektif yang digunakan oleh sebagian besar bisnis maupuan usaha untuk memperluas jangkauan pasar dan menumbuhkan pengunjung maupun konsumen.
 
Content Marketing / pemasaran konten
 
Jika Anda memperhatikan tren dalam pemasaran selama beberapa tahun terakhir, Anda tahu bahwa pemasaran tradisional sedang mengalami kejatuhan. Tentu, itu belum mati. Dan itu mungkin tidak akan pernah mati! Tetapi pemasaran digital telah mengambil alih dan akan terus tumbuh dalam beberapa tahun mendatang. Dan Anda ingin tahu kenapa? Itu karena hampir semua orang mengunakan internet / online!
 
Anda sudah terbiasa dengan pemasaran tradisional. Apakah Anda ingat kapan terakhir kali memandang papan iklan di sudut jalan raya dan menindaklanjuti apa yang Anda lihat? Atau apakah Anda pernah mengganti stasiun radio atau saluran TV saat penayangan iklan? Sangat mudah bagi kita untuk mengabaikan taktik pemasaran tradisional yang telah kita lihat selama bertahun-tahun.
 
Tetapi dengan pemasaran digital, Anda mendapatkan kesempatan untuk menargetkan hanya orang-orang yang tertarik pada produk atau layanan Anda. Anda tidak menyia-nyiakan uang dengan menargetkan sekelompok besar orang yang secara kebetulan menemukan iklan Anda. Sebagai gantinya, Anda mendapatkan kesempatan untuk membelanjakan uang Anda dengan bijak dan menerima data terperinci untuk membuktikannya.
 
Apa itu Content Marketing / pemasaran konten?
Mari kita mulai dengan melihat definisi pemasaran konten:
"Jenis pemasaran yang melibatkan pembuatan dan berbagi materi online (seperti video, blog, web, dan posting media sosial) yang tidak secara eksplisit mempromosikan merek tetapi dimaksudkan untuk merangsang minat pada produk atau layanannya."
 
Apa itu Content Marketing / pemasaran konten 
 
Pemasaran konten / Content Marketing sering disalahpahami karena kebanyakan orang berpikir itu hanyalah bentuk pemasaran biasa. Namun dalam semua aktualitas, pemasaran konten tidak terlalu terfokus pada promosi atau pemasaran merek Anda. Jadi mari kita hapus kata pemasaran dari persamaan dan pikirkan pemasaran konten sebagai pembuatan konten.
 
Anda membuat konten secara teratur tanpa memikirkannya. Jangan memikirkan bisnis Anda dulu. Apakah Anda memposting di media sosial? Ini semudah mengunggah gambar atau berbagi keterangan kecil. Jika Anda telah membuat dan mengunggah sebuah posting ke media sosial, maka Anda telah membuat konten.
 
Dengan pembuatan konten, Anda hanya membuat dan berbagi materi yang menarik orang maupun konsumen kepada produk atau bisnis Anda. Sesederhana itu!
Tetapi sebaliknya, Anda dapat memberi tahu mereka dan memberikan nilai nyata yang akan mendapatkan kepercayaan dan minat mereka untuk bisa mengambil keputusan.
 
Apakah itu masuk akal?
Mari kita lanjutkan.
Jenis pembuatan konten
Jadi sekarang kita mengerti apa itu pemasaran konten
 
Media sosial
Seperti yang baru saja kita bicarakan, berbagi posting di media sosial dianggap membuat konten. Apakah Anda berbagi gambar, video, teks, atau gagasan kreatif apa pun yang Anda miliki, dan postingan ini perlu secara akurat menggambarkan citra dan kepribadian merek Anda. 
 
Apakah Anda memperhatikan bagaimana definisi pemasaran konten menggunakan kalimat "Media sosial adalah bagian integral dari pemasaran konten" sebagai contoh? Itu karena itu benar! Jika Anda tidak percaya saya, maka Anda harus percaya Google ... Maksudku, ayolah!
 
Blogging
Ketika kebanyakan orang berpikir tentang pembuatan konten, mereka berpikir tentang blogging. Dan itu karena blogging adalah metode pembuatan konten terbaik untuk membagikan informasi segar dan relevan kepada audiens Anda secara teratur! Ketika Anda menerapkan strategi pembuatan konten blog yang efektif di situs web Anda, Anda akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas dan membangun situs Anda. Tapi kita akan membicarakannya nanti.

Webinar, podcast dan apa pun yang Anda buat
Ya, Anda bisa menebaknya! Webinar dan podcast keduanya merupakan bentuk pembuatan konten. Dan apa pun yang Anda buat untuk dibagikan kepada audiens Anda, mari kita anggap itu sebagai bentuk pembuatan konten juga.
 
Apa itu webinar dan podcast?
Webinar adalah salah satu teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengadakan seminar, talkshow, diskusi dan kegiatan lainnnya yang dilakukan secara online atau menggunakan internet tanpa harus bertatap muka secara langsung sama sekali.
 
Mekanisme webinar sendiri sederhananya adalah memanfaatkan teknologi video call sehingga orang-orang bisa menonton secara ramai diinternet. Pada kegiatan webinar bisa dilakukan menggunakan beberapa aplikasi seperti Google Hangout, Facebook Live, Instagram Live serta aplikasi lainnya yang bisa dimanfaatkan tentunya.

Apa itu Podcast?
Saat Anda mendengar sebuah podcast pertama kali, mungkin muncul di pikiran Anda adalah lho ini mirip radio! Memang betul mirip, tapi beda he..he..  
 
Podcast itu memang mungkin mirip dengan radio, tapi sebenarnya beda banget. Kesamaannya ya podcast umumnya berupa audio (walaupun sekarang juga ada podcast video) yang didengarkan seperti Anda mendengar radio.
 
Kesamaan lain adalah seperti radio dimana Anda harus memilih mau mendengarkan stasiun radio A atau stasiun radio B dan seterusnya.Di Podcast juga sama, Anda juga perlu memilih mau mendengarkan podcastnya siapa di topik apa.
 
Saat ini ada lebih dari 200.000 podcast saya rasa di  semua kategori tersebut dan terus bertambah. Tentu Anda tidak perlu mendengarkan semuanya he..he..   Cukup yang menarik minat Anda saja.
 
Saya memang lebih banyak mendengar podcast di kategori Business dan Personal Development. Tapi saya tahu ada banyak orang di Amerika yang dengar podcast tentang TV Series yang populer seperti Lost, Walking Dead dll atau dengar podcast tentang games seperto Clash of Clan, Minecraft dan game populer lainnya.
 
Terus terang sulit bagi saya membayangkan mendengarkan podcast tentang games he..he..  
Saat ini membuat podcast jauh lebih mudah dan tidak butuh investasi besar seperti buat stasiun radio sehingga akhirnya industri podcast berkembang pesat.
 
Industri radio sendiri di Amerika mengalami penurunan karena semakin banyak orang memilih untuk mendengar podcast daripada radio.
 
Memang kebanyakan podcast yang ada memang masih dalam Bahasa Inggris. Hampir tidak ada yang Bahasa Indonesia, paling dari Radio BBC Indonesia. Mungkin itu sebabnya mengapa di Indonesia, podcast masih jarang diketahui oleh banyak orang.
 
Jadi melalui artikel ini, saya ingin memperkenalkan Podcast agar semakin banyak dikenal dan banyak yang mendengarkan sehingga akhirnya banyak yang memproduksinya.
 
Saya yakin podcast akan berkembang di Indonesia karena di kota-kota besar, kita terbiasa menghabiskan banyak waktu di perjalanan karena jalanan macet sehingga bisa mendengarkan podcast di banyak topik adalah sesuatu yang menarik untuk dilakukan. 
 
Ok kita lanjut lagi…

Situs web
Teks atau gambar apa pun yang muncul di situs web Anda adalah bagian dari strategi pembuatan konten Anda. Dan ini melampaui blog Anda! Jadi pasti ada alasan untuk setiap bagian konten yang ditempatkan di situs web Anda. Pikirkan setiap halaman sebagai peluang untuk memperluas strategi pembuatan konten Anda.
 
Pada dasarnya apa yang saya coba dapatkan di sini adalah bahwa jika Anda membuat informasi (konten) yang dimaksudkan untuk dinikmati oleh orang lain (audiens Anda) maka ini adalah cara mapun strategi pembuatan konten yang informative.
 
Manfaat pembuatan konten
Sekarang, kami telah banyak berbicara tentang apa itu pembuatan konten dan bagaimana Anda mungkin sudah membuat konten. Namun penting bagi Anda untuk memahami manfaat pembuatan konten untuk mengetahui mengapa Anda perlu menerapkan konten ke dalam strategi pemasaran Anda.
 
Ada beberapa manfaat pembuatan konten.  kami akan memberikan informasi manfaat untuk Anda. Dan untuk membuatnya lebih sederhana, kita akan memecahnya menjadi 2 kategori utama: manfaat pembuatan konten di media sosial dan manfaat pembuatan konten dengan blog dan SEO.
 
 
Mari kita lakukan!
 
Media sosial
Mari kita mulai dengan media sosial. Ini adalah bentuk umum pemasaran digital yang mungkin diabaikan sebagai bentuk pembuatan konten. Atau bahkan sebagai bentuk pemasaran digital!
Media sosial telah menjadi standar untuk pemasaran digital yang setiap bisnis perlu masukkan ke dalam strategi pemasaran mereka. Jadi sering diabaikan sebagai anggota keluarga pembuatan konten. Tetapi konten media sosial Anda memberikan beberapa manfaat bagi bisnis Anda!
 
1. Koneksi
Konten yang Anda bagikan di media sosial membangun koneksi Anda dengan audiens Anda. Ini adalah cara mudah untuk tidak hanya membangun kepribadian untuk merek Anda tetapi juga untuk membuat percakapan 2 arah dengan audiens Anda. Sesuatu yang sulit dilakukan di tempat lain!
Tetapi menciptakan koneksi ini membutuhkan waktu dan butuh fokus. Anda perlu tahu kepribadian apa yang ingin Anda ciptakan untuk merek Anda dan bagaimana Anda ingin audiens Anda menggunakan akun Anda. Anda tidak bisa hanya membuat konten acak dan berharap itu berfungsi. Anda harus membuat rencana, dalam strategi pembuatan konten Anda, dan bekerja untuk membangun koneksi itu.
 
2. Jangkau
Dengan konten media sosial, Anda dapat memperluas jangkauan Anda! Yang penting jika Anda ingin menumbuhkan audiens atau citra merek Anda. Dengan pembuatan konten di media sosial, Anda memungkinkan berbagai platform menghasilkan minat terhadap merek Anda. Jadi manfaatkan sepenuhnya akses instan ke jutaan orang yang Anda dapatkan dengan media sosial! 

Sekarang, ketika kebanyakan orang berpikir tentang pemasaran konten atau pembuatan konten, mereka berpikir tentang blogging. Dan itu karena blogging adalah salah satu cara paling efektif untuk menerapkan strategi pembuatan konten yang sukses.
 
Tetapi masalahnya adalah bahwa kebanyakan orang tidak tahu mengapa blogging sangat penting. Mereka berpikir bahwa blogging adalah untuk blogger dan bukan untuk bisnis. Tapi itu jauh dari benar. Setiap situs web, dan maksud saya SETIAP situs web, perlu memiliki blog di dalamnya. Dan inilah alasannya.
 
Dengan blog, Anda terus membuat konten baru untuk dinikmati audiens Anda. Dan ada banyak manfaatnya.
 
1. Anda menjadi sumber daya
Semakin banyak konten berkualitas tinggi yang Anda buat dan miliki di situs web Anda, semakin banyak audiens Anda dan orang lain di luar audiens Anda akan menganggap Anda sebagai sumber daya. Jadi pikirkan konten blog Anda sebagai cara untuk memberi tahu audiens Anda tidak hanya tentang Anda atau bisnis Anda, tetapi tentang spesialisasi Anda. Misalnya, semua konten saya dibuat seputar pemasaran digital (seperti pos ini). Saya menggunakan blog ini sebagai cara untuk menjadi sumber daya tepercaya bagi audiens saya sehingga mereka terus datang kembali untuk lebih banyak!
Jika anda membutuhkan jasa pembuatan konten web!
 
2. Anda membangun situs web Anda, meningkatkan visibilitas
Dengan setiap posting blog baru, Anda menambahkan halaman baru berkualitas tinggi ke situs web Anda. Yang jika Anda pikirkan, tingkatkan kedalaman situs web Anda. Semakin banyak halaman yang Anda miliki di situs web Anda, semakin bagus anda dalam membangun link building. Dan Google menyukai situs web yang dalam! Tapi ini lebih dari sekadar tentang Google di sini! Pikirkan tentang hal ini ... semakin banyak halaman konten berkualitas tinggi yang Anda miliki, semakin baik peluang Anda untuk muncul dalam pencarian. Apakah Anda lebih suka memiliki 4 halaman atau 100 halaman? Jelas, 100 akan lebih baik karena Anda sangat meningkatkan visibilitas Anda!
 
3. Anda memiliki lebih banyak peluang untuk lalu lintas situs web
Menurut HubSpot , perusahaan yang mempublikasikan 16+ posting blog per bulan mendapatkan perkiraan 4 kali lebih banyak lead daripada perusahaan yang mempublikasikan posting blog 4-4 untuk
4 bulan. Dengan setiap posting blog baru, Anda mendapatkan kesempatan untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda. Dan tidak hanya melalui SEO tetapi melalui media sosial dan semua area promosi yang diselesaikan untuk setiap posting blog baru! Blogging sangat penting untuk meningkatkan lalu lintas situs web Anda!
 
4. Anda membuat Google Bot aktif
Anda membuat Google Bot aktif 
Ketika Anda terus melakukan peningkatan konten atau menambahkan konten baru ke situs web Anda, bot Google akan tetap aktif di situs web Anda. Dan ini meningkatkan SEO Anda! Karena dengan setiap informasi baru, Google perlu menemukan cara untuk mengindeksnya. Ini berarti bahwa bot Google harus merayapi situs web Anda setiap kali! Yang penting untuk terus meningkatkan peringkat SEO dan situs web Anda.

5. Google akan mencintaimu!
Dan pada akhirnya, Google akan mulai jatuh cinta kepada Anda! Dan pada gilirannya, SEO Anda akan mulai lepas landas sehingga meningkatkan visibilitas di Google. Yang dibutuhkan bisnis Anda jika Anda ingin ditemukan oleh orang-orang yang mungkin tidak mengenal Anda, meningkatkan jumlah audiens Anda! Benar-benar win-win.

Mungkin Anda juga menyukai artikel ini :

Faktor Apa Saja Untuk Mendapatkan Peringkat Google

Strategi Digital Marketing Untuk Siklus Hidup Produk

Tren Strategi Pemasaran Online

Daftar Situs Gratis untuk Membantu Menjalankan Bisnis

Online Marketing Mix Pada Contoh Situs B2C, B2B, C2C Dan C2B

About the Author

  • digital marketing indonesia
    - HEY, I'M EDY! -

    Halo! Saya Edy Wb, Creat web and maintenance serta digital marketing dan content. Anda bisa memanggil saya Ed atau Edy, setelah bekerja beberapa tahun sebagai marketing baik local (tradisional) maupun digital marketing (online) dari pembuatan web, SEO serta maintenance dalam melakukan pemasaran,, sudah waktunya saya fokus di digital marketing dan Creat web and maintenance, semua saya pelajari secara otodidak dari berbagai kasus setiap permasalahan dalam menjalankan strategi-strategi marketing/pemasaran. Oiya..saya lulusan ekonomi kampus ternama dan termegah di yogyakarta..kata orang,,waduhh hikkhik!!, itu yang membuat saya tertarik mempelajari IT ( Teknologi informasi) dikarenakan keseharian saya kost dan berkumpul bukan dengan teman-teman sejurusan. Ok tetap terhubung dengan saya di jadisuka.com