jasa digital marketing
digital agency
Services

Jasa Maintenance Profesional

Jadi Suka Web

Di sini, di jadi suka web kami bangga memberikan faktor WOW untuk usaha / bisnis Anda.

Mengapa, Kapan dan Bagaimana Membuat Segmen Pasar

Seperti yang telah kita lihat sejauh ini, di masa lalu, anggaran pemasaran akan digunakan terutama untuk saluran iklan media massa baik itu media cetak, media suara dll. Ini memungkinkan para pelaku bisnis untuk menyalurkan sejumlah pesan ke jumlah orang sebanyak mungkin, yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan dan pendapatan. Merek-merek yang menguasai permintaan dan memikat pasar berhasil berada di puncak permainan pelaku usaha tertentu selama beberapa dekade.

Sampai teknologi pemasaran saat ini mengunakan website mengubah aturan permainan. Dengan mengunakan website, pelaku usaha yang termasuk dalam komunitas kecil tetapi dapat melakukan pemasaran  ke seluruh wilayah tertarget melalui internet. sehingga tidak di dominasi oleh kalangan tertentu atau pemain tertentu, semua terbuka dalam melakukan gaya pemasaran namun tidak luput juga dari hal positif dan negatif. Sehingga itu membuka cara baru komunikasi dalam kegiatan pemasaran.

Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar menjadi sub-kelompok. Segmentasi pasar dapat didasarkan pada karakteristik seperti usia, jenis kelamin, tempat tinggal, pekerjaan, gaya hidup, perilaku, tingkat pendapatan dan banyak lagi. Proses ini membantu untuk memahami apa yang diinginkan pelanggan utama Anda, di mana mereka berada. Dengan kata lain, segmentasi pasar berubah dari tidak terdiferensiasi menjadi sangat personal.
 
Untuk segmen pasar yang ideal, ada kriteria yang berbeda untuk dipertimbangkan. Bahkan, semakin Anda bisa membagi pasar menjadi kelompok-kelompok kecil orang, semakin banyak upaya pemasaran akan mudah untuk direncanakan dan dieksekusi.
 
Tidak selalu masuk akal untuk membuat segmen, kecuali Anda memiliki data yang tersedia tentang segmen tersebut.
 
Faktanya, dengan semakin banyaknya data yang tersedia (Google atau Facebook), maka segmen baru menjadi mungkin.
 
Oleh karena itu, segmen harus dapat diukur. Pada saat yang sama, segmentasi pasar masuk akal ketika dapat menghasilkan laba yang cukup dari upaya pemasaran Anda.
 
Bayangkan kasus di mana segmen pasar mungkin terdiri dari sekelompok kecil orang dengan daya beli rendah. Upaya pemasaran Anda akan sia-sia. Juga, Anda perlu memastikan untuk menargetkan sekelompok orang dengan karakteristik daya beli tinggi.

Pada saat yang sama, segmen pasar tersebut harus dapat dijangkau melalui beberapa saluran. Pikirkan pelanggan yang dapat dihubungi melalui situs web Anda, akun media sosial, acara dan sebagainya.

Selain itu, apakah Anda dapat membujuk segmen pasar itu? Jika itu terlalu sulit atau tidak mungkin, segmen pasar itu sendiri kehilangan relevansinya. (dari segi pemasar kehilangan peluang dari segi konsumen kehilangan manfaat).

Itulah mengapa pentingnya melakukan segmentasi pasar.
 
mengapa pentingnya melakukan segmentasi pasar 

 
Mari kita lihat lebih detail kapan dan bagaimana membuat segmen pasar yang efektif.

a. Terukur dan dapat diidentifikasi (Measurable and identifiable)
Bisakah kita mengukur segmen-segmen itu sehingga mereka dapat diidentifikasi?
 
b. Dapat diakses atau dijangkau (Accessible)
Bisakah kita menjangkau segmen-segmen itu melalui komunikasi serta dapat dilayani secara efektif?

c. Berbeda ( Different)
Apakah segmen tersebut merespons secara berbeda terhadap bauran pemasaran yang berbeda? Singkatnya, apakah mereka memiliki kebutuhan unik? sehingga dapat dibedakan dengan jelas.

d. Cukup besar (substantial)
Apakah segmen ini cukup besar untuk menguntungkan, sehingga membenarkan upaya pemasaran yang diperlukan? Suatu segmen merupakan kelompok homogen yang cukup bernilai untuk dilayani oleh program pemasaran yang sesuai.

e. Dapat dilaksanakan (actionable)
Actionable berarti segmen tersebut dapat dijangkau atau dilayani dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan.

Tujuan utama  menentukan segmentasi pasar yang efektif  adalah untuk menyediakan produk, layanan atau pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan yang pada gilirannya akan mengarah pada upaya pemasaran yang lebih baik.
 
Berikut ini Jenis-jenis segmentasi pasar 
 
Berikut ini Jenis-jenis segmentasi pasar
Demografis: jenis kelamin, usia, ras, generasi, pekerjaan, dll.
Geografis: wilayah geografis seperti daerah, negara bagian, kota, lingkungan.
Perilaku: pengetahuan, sikap terhadap, tingkat penggunaan, respons.
Psikografis: kegiatan, minat, dan pendapat pelanggan. 

Dalam artikel kali ini, saya coba berbagi mengenai dunia pemasaran / periklanan melalui segmentasi pasar dengan gaya pemasaran online. Melalui tujuan pemasaran yang efektif untuk mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau layanan dapat diterima di pasar. 
 
Terimakasih, Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai artikel ini :

Strategi Digital Marketing Untuk Siklus Hidup Produk

10 Jenis Pemasaran Digital Yang Harus Anda Ketahui Dan Pertimbangkan Untuk Strategi Pemasaran Anda.

10 Tips SEO Sederhana Namun Efektif

Daftar Situs Gratis untuk Membantu Menjalankan Bisnis

Mengapa, Kapan dan Bagaimana Membuat Segmen Pasar

About the Author

  • digital marketing indonesia
    - HEY, I'M EDY! -

    Halo! Saya Edy Wb, Creat web and maintenance serta digital marketing dan content. Anda bisa memanggil saya Ed atau Edy, setelah bekerja beberapa tahun sebagai marketing baik local (tradisional) maupun digital marketing (online) dari pembuatan web, SEO serta maintenance dalam melakukan pemasaran,, sudah waktunya saya fokus di digital marketing dan Creat web and maintenance, semua saya pelajari secara otodidak dari berbagai kasus setiap permasalahan dalam menjalankan strategi-strategi marketing/pemasaran. Oiya..saya lulusan ekonomi kampus ternama dan termegah di yogyakarta..kata orang,,waduhh hikkhik!!, itu yang membuat saya tertarik mempelajari IT ( Teknologi informasi) dikarenakan keseharian saya kost dan berkumpul bukan dengan teman-teman sejurusan. Ok tetap terhubung dengan saya di jadisuka.com