jasa digital marketing
digital agency
Services

Jasa Maintenance Profesional

Jadi Suka Web

Di sini, di jadi suka web kami bangga memberikan faktor WOW untuk usaha / bisnis Anda.

5 Cara Hebat Desain Web Responsif Untuk SEO



  • Selasa, 23 Maret 2021

Berikut lima cara tuntuk melengkapi upaya SEO dengan desain web responsif untuk meningkatkan kinerja situs web di SERP Google.
 
Dengan aksesibilitas dan kegunaan internet seluler yang terus meningkat dari tahun ke tahun, tidak dapat disangkal bahwa situs web harus memenuhi harapan pengguna untuk pengalaman yang lancar dan relevan. Selain itu, tahun ini menghasilkan wawasan berharga tentang relevansi perangkat seluler pada kehidupan masyarakat. Masih mempertanyakan pentingnya desain web responsif untuk SEO situs web? Agar kalian tidak skeptisisme, kami memberikan lima cara teratas melengkapi upaya SEO dengan desain web responsif untuk meningkatkan kinerja situs web di SERP Google.
 
1. Kegunaan Situs / Site Usability
Kebanyakan pengunjung web melalui ponsel seluler biasanya tidak sabar, bagaimana solusi agar web yang kita punya dapat memenuhi kebutuhan mereka terutama dari segi kecepatan situs saat dibuka, yang tidak berarti bahwa pengunjung desktop suka membuang-buang waktu! Google mendukung ini dengan mengatakan bahwa 53% pengguna seluler akan pergi dari halaman yang tidak dimuat dalam waktu kurang dari tiga detik.
 
Kegunaan Situs / Site Usability
 
Dalam pasar yang sangat kompetitif, situs web yang memuat cepat berhasil tetap kompetitif, sementara sisanya berfluktuasi atas ketidakkonsistenan karena penurunan peringkat.
 
Desain web responsif membantu mengoptimalkan situs web untuk penelusuran seluler , meningkatkan fungsionalitas situs dan desain dengan skala konten ke perangkat pengguna, sehingga memberikan pengalaman pengguna yang konsisten di semua perangkat.
 
Karena Google bertujuan untuk menyajikan hasil yang paling relevan kepada pengguna, Google kemudian akan mendukung dan mempromosikan situs web yang memberikan pengalaman pengguna yang baik dengan segala cara: konten, desain, dan fungsionalitas di semua perangkat.
 
Sudah jelas bahwa penurunan lalu lintas merugikan penjualan. Selain itu, situs web yang tidak responsif di perangkat seluler kehilangan peluang berharga untuk menarik pelanggan dan membuat mereka berkonversi.
 
2. Pemuatan Halaman Web Lebih Cepat
Dimulai dengan Pembaruan Kecepatan Google, pada tahun 2020 lalu, Google menggunakan kecepatan situs seluler sebagai faktor peringkat dalam penelusuran seluler.
 
Perubahan kebijakan Google selaras dengan perilaku pengguna : peningkatan penggunaan perangkat seluler berarti perubahan paradigma tentang cara Google bots crawl, mengindeks, dan menampilkan hasil di SERP untuk memenuhi kebutuhan, ekspektasi, dan mempromosikan kepuasan pelanggan.
 
Pemuatan Halaman Web Lebih Cepat 
Sumber: Uptimiser
 
Di dunia yang berpusat pada seluler, memiliki desain responsif seluler adalah bagian fundamental dari strategi SEO yang sukses. Desain web yang responsif akan membantu kita memikirkan kembali tata letak dan konten situs web untuk menawarkan pengalaman pengguna yang lancar dari desktop, hingga laptop, tablet, dan ponsel cerdas tanpa ada ketidakkonsistenan.
 
Gagal melakukannya, upaya SEO akan dikompromikan dan penurunan lalu lintas tidak dapat dipertanyakan lagi dengan hanya desktop dan versi situs web m-dot dihapus dari indeks Google selambat-lambatnya Maret 2021.
 
3. Tingkat Bouncing Yang Lebih Rendah
Bounce rate mencerminkan persentase pengguna yang membuka halaman dan memutuskan untuk keluar sebelum melanjutkan perjalanan situs web. Google memperhitungkan bobot relevansi halaman web untuk permintaan pencarian tertentu.
 
Dengan demikian, rasio pentalan yang tinggi akan menghasilkan penurunan peringkat, yang mencerminkan konten yang tipis atau tidak relevan, atau situs web yang dirancang dengan buruk, hanya dengan melihat interaksi pengguna.
 
Tingkat Bouncing Yang Lebih Rendah 
 
 
Masih aman untuk mengatakan bahwa konten adalah raja, tetapi mengikuti perkembangan wawasan teknologi terbaru, konten hanya akan tetap menjadi raja jika dioptimalkan dengan benar untuk semua perangkat.
 
Konten yang bagus dapat menjadi acuan, jika tidak didukung oleh desain yang menarik. Desain web responsif melakukannya dengan menyesuaikan tata letak halaman, menampilkan konten yang sama, ke perangkat apa pun.
 
4. Meningkatkan Social Sharing
Media sosial bukanlah faktor peringkat, tetapi itu tidak membuatnya kurang penting dalam hal strategi pemasaran secara keseluruhan. Itu pasti memainkan peran penting dalam kampanye SEO, saling melengkapi, dan membantu meningkatkan lalu lintas situs web.
 
Desain web responsif membuat berbagi konten dapat diakses di semua platform sosial, dapat memperluas audiens pengunjung.
 
Bagaimana? Dengan mempermudah pengunjung situs untuk mengakses konten yang sama di desktop dan perangkat seluler, membagikannya dengan rekan mereka, dan di profil media sosial mereka. Ini membuka peluang besar untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.
 
Meningkatkan Social Sharing 
 
 
Lebih banyak lalu lintas berarti lebih banyak peluang bagi pengunjung untuk berkonversi. Sekarang, lebih dari sebelumnya, desain web yang responsif adalah fondasi yang memungkinkan untuk meningkatkan penjualan. Bagaimana jika pengguna desktop membagikan tautan ke pengguna seluler dan situs web tidak merespons? Atau, bayangkan pengunjung kesulitan menemukan tombol bagikan, dan menyerah begitu saja. Ini merampas kesempatan untuk memperluas pasar konsumen potensial dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas pengunjung.
 
5. Tidak Ada Konten Duplikat
Dengan meningkatnya penggunaan perangkat seluler, sebagian besar situs web membuat versi seluler terpisah, tetapi pendekatan ini sering kali menimbulkan masalah konten duplikat. Mengapa? Jika konten yang sangat mirip muncul di lebih dari satu URL, kemungkinan situs dianggap mengalami masalah duplikat konten.
 
Tidak Ada Konten Duplikat
 
Sumber: Statcounter
 
Karena sifat duplikat konten, Google bots tidak dapat membedakan versi mana yang harus diindeks, atau jika satu versi harus menyerap semua metrik tautan, atau harus tetap dipisahkan. Di atas, versi manakah yang harus diberi peringkat untuk kueri penelusuran tertentu? Meskipun kemungkinan web akan mendapatkan penalti Google tingkat rendah, bukan berarti peringkat web tidak akan terpengaruh.
 
Memasang desain web yang responsif akan membantu menyelesaikan masalah konten duplikat karena menggunakan satu URL di seluruh perangkat dan menyesuaikan tata letak dan konten agar sesuai dengan ukuran layar apa pun sambil menawarkan pengalaman pengguna yang konsisten dan menyenangkan.
 
Jika Google mengumumkan perubahan algoritme, kami mengikuti. Dan Google merekomendasikan desain web yang responsif untuk kelancaran transisi ke indeks yang memprioritaskan seluler, dengan serangkaian manfaat yang tercermin pada kinerja SEO situs web secara keseluruhan.

Baca Juga :

Online Marketing Mix Pada Contoh Situs B2C, B2B, C2C Dan C2B

Cara Mengembangkan Konten untuk Website

Tren Strategi Pemasaran Online

Bagaimana Media Sosial Mempengaruhi Keputusan Pembelian

5 Wawasan Baru Statistik Perayapan Google Webmaster

Strategi Digital Marketing Untuk Siklus Hidup Produk

Pemasaran Lintas Saluran atau Cross Channel Untuk UKM dan UMKM

Apa Itu Speakable Schema Markup dan Manfaat Untuk SEO Dimasa Depan?

Berikut 7 Peluang Pengambilan Data Untuk Menjalankan Bisnis

4 Cara Menggunakan Data Situs Web Untuk Menemukan Peluang Penjualan Yang Terlewat

About the Author