jasa digital marketing
digital agency
Services

Jasa Maintenance Profesional

Jadi Suka Web

Di sini, di jadi suka web kami bangga memberikan faktor WOW untuk usaha / bisnis Anda.

Tiga Tren Penting Strategi PPC Yang Harus Diperhatikan Pada Tahun Ini



  • Jumat, 26 Maret 2021

Pada tahun ini, pengiklan dan pemasar akan melihat serangkaian tren PPC (pay per Click) baru yang akan menghasilkan lebih banyak prospek dan konversi. Berikut adalah 3 di antaranya untuk digabungkan.
 
Banyak hal menjadi kacau balau setelah melihat setahun ini dengan situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan beberapa masalah yang timbul disebabkan oleh virus corona. Dengan pandemik covid, orang-orang lebih suka berbelanja online daripada pergi ke toko ritel, dan percakapan maupun pertemuan langsung beralih ke video. Banyak yang telah berubah dalam setahun terakhir, bahkan di bidang periklanan dan pemasaran. Pemasar sudah mulai menggunakan otomatisasi dan kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) untuk membuat iklan yang didukung data. Mereka sudah mulai memahami perjalanan pembeli dan memanfaatkannya sebaik mungkin.  


Berikut adalah tiga tren PPC yang berpotensi pada tahun ini.   
 
1. Data Hub Google 
Sebelumnya pada tahun 2020, Google mengumumkan bahwa mereka akan berhenti mengizinkan third party pixel tracking karena masalah keamanan . Ketergantungan pada third party pixel tracking untuk memeriksa metrik YouTube membuat Google berinvestasi di Ads Data Hub.
 
Ini adalah analisis khusus yang menyelaraskan data dengan tujuan spesifik sambil menjaga privasi dan keamanan. Ini menawarkan pemasar analisis komprehensif untuk mengukur keefektifan iklan di berbagai layar. 
 
BAGAIMANA DATA HUB GOOGLE BEKERJA 
 
Pusat data iklan akan terbukti menjadi manfaat besar bagi pemasar karena memberikan wawasan khusus tentang perilaku pelanggan dan bagaimana mereka berinteraksi dengan iklan. 
 
2. Memahami Prilaku Pembeli
Aspek kunci dari kampanye PPC yang sukses adalah mengetahui bagaimana perilaku pelanggan terhadap iklan di setiap langkah perjalanan pelanggan kita. Memahami setiap tahap perjalanan pembeli dapat membantu dalam membuat kampanye PPC yang lebih efektif. 
 
Berikut adalah lima tahap perjalanan pembeli pelanggan dan bagaimana memanfaatkannya dengan membuat kampanye PPC untuk setiap tahap.  
 
Tahap # 1: Kesadaran (Awareness)
Pada tahap ini, pelanggan mempelajari bisnis dan penawaran atas iklan yang kita buat. Orang-orang mencari jawaban atas pertanyaan mereka ada yang mencari seseorang untuk memecahkan masalah mereka. Jadi, kebutuhan mereka mungkin atau mungkin tidak didefinisikan dengan baik. 
 
Bagaimana kita bisa membantu? 
Bantu mereka mengetahui kebutuhan mereka dan menyelaraskan penawaran sesuai dengan kebutuhan. Gunakan iklan berbayar bermerek untuk menarik perhatian. Gunakan kata kunci yang digunakan untuk mencari dalam permintaan pencarian mereka. Saat mereka melihat iklan, hal itu membangkitkan rasa ingin tahu, dan itu memaksa mereka untuk mengetahui lebih banyak tentang merek binis kita. 
 
Tahap # 2: Eksplorasi 
Dalam tahap ini, pelanggan belajar lebih banyak tentang jawaban atas masalah mereka. Mereka yakin akan kebutuhan dan mengetahui berbagai cara untuk melayaninya. Mereka juga menganggap kita sebagai salah satu penyedia solusi dan mengukur apakah kita dapat menyelesaikan masalah mereka. Mereka memeriksa company profile, ulasan, bukti sosial, dan kemitraan sebelumnya. 
 
Bagaimana kita bisa membantu? 
Pada tahap ini, kita dapat terlibat dengan pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang. Kita juga dapat menggunakan iklan utama Facebook untuk mengatasi masalah pelanggan. Kita juga dapat menulis salinan percakapan yang memiliki bukti sosial, studi kasus, dan pekerjaan sebelumnya. Ini akan menanamkan rasa percaya, dan mereka akan senang mengambil keputusan atas penawaran yang kita berikan. 
 
Tahap # 3: Perbandingan (Comparison)
Dalam tahap ini, pelanggan membandingkan penawaran yang berbeda dan menemukan yang paling cocok. Dia sekarang memahami poin harga, ulasan, dan peringkat mereka. Karenanya, iklan pemasaran ulang PPC terbukti menjadi momen yang bagus di sini. Kita dapat merayu pelanggan untuk mengeklik iklan dan meletakan "cookie" di web. Ini membuat merek tetap terlihat di depan pelanggan. 
 
Tahap # 4: Konversi
Pelanggan telah menyadari kebutuhan mereka. Mereka telah mempersempit pilihan mereka dan siap untuk membeli. Di sinilah kita dapat menempatkan ajakan bertindak yang kuat di iklan untuk mendorong mereka membeli. CTA (Call To Action ) yang solid akan memaksa pelanggan untuk membeli. Selain itu, kita juga dapat menggunakan remarketing (pemasaran ulang) untuk memastikan bahwa prospek hanya akan membeli dan menggunakan produk kita (repeat order). 
 
Tahap # 5: Keterlibatan kembali (Re-engagement)
Akhirnya, prospek telah menjadi pelanggan. Jadi, upayakan untuk mempertahankannya. Tapi bagaimana kita akan melakukannya? Kelompokkan pelanggan ini ke dalam daftar audiens baru dan gunakan iklan pemasaran ulang untuk menarik perhatian mereka ke produk dan layanan lain. 
 
Memahami setiap tahap perjalanan pembeli akan membantu kita membuat kampanye PPC yang kokoh. Semakin banyak kalian mengenal pelanggan, semakin baik untuk dapat menyesuaikan kampanye. 
 
3. Otomatisasi Akan Memainkan Peran Penting
Menurut Statista, ukuran pasar otomasi secara global akan meningkat dari 71,5% menjadi 83,2% pada tahun 2021.
 
Karenanya, otomatisasi diharapkan menjadi tren yang mengubah permainan di tahun 2021. Dengan Artificial Intelligence AI dan Machine Learning (ML), pengiklan dapat mengotomatiskan tugas-tugas penting untuk menemukan tempat yang tepat untuk menampilkan iklan. Otomatisasi juga akan memainkan peran penting dalam menguji iklan. Ini akan digunakan untuk mengoptimalkan iklan yang meliputi:
 
a. Menemukan strategi penawaran terbaik 
 
b. Membuat tawaran untuk mendapatkan konversi maksimum 
 
c. Tingkatkan biaya per klik dengan mencari lelang iklan 
 
d. Pantau kinerja iklan dan hentikan iklan berkinerja rendah 
 
e. Prioritaskan iklan yang menghasilkan hasil teratas 
 
f. Buat iklan secara dinamis menggunakan perilaku pengguna dan konten situs web 
 
g. Buat laporan kinerja iklan secara dinamis 
 
h. Hasilkan data iklan dan buat salinan iklan untuk menghasilkan klik maksimum 
 
Saat AI mempelajari lebih lanjut tentang perilaku audiens dan bagaimana mereka berinteraksi dengan iklan, AI dapat secara akurat membuat iklan untuk meningkatkan kinerja kampanye PPC. 

Sebagai pengiklan, kita harus memasukkan tren PPC ini dalam strategi pemasaran untuk mendapatkan hasil maksimal dari kampanye. Pada tahun 2021, AI dan otomatisasi akan menjadi yang terdepan. Orang akan fokus pada setiap tahap perjalanan pembeli dan menggunakan penelusuran suara untuk mencari jawaban atas pertanyaan mereka.
 
Akan ada lonjakan dalam iklan video berkemampuan VR. Pemasar juga akan mencari platform kampanye PPC alternatif seperti Quora, LinkedIn, Reddit, dan platform serupa lainnya untuk menghasilkan ROI yang lebih baik pada tahun 2021. Oleh karena itu, benar untuk mengatakan bahwa 2021 memiliki banyak hal baru untuk kita. Semua yang terbaik untuk meningkatkan strategi digital marketing!

Baca Juga :

Online Marketing Mix Pada Contoh Situs B2C, B2B, C2C Dan C2B

4 Langkah Meningkatkan Keamanan Website Untuk Strategi SEO

10 Jenis Pemasaran Digital Yang Harus Anda Ketahui Dan Pertimbangkan Untuk Strategi Pemasaran Anda.

Pemasaran Multi Channel, Omni Channel, Cross Chanel dan Marketing Hub Tidaklah Sama

Tips Untuk Strategi Kampanye Google Ads

10 Tren Penting 2021 SEO yang Harus Diketahui

5 Cara Hebat Desain Web Responsif Untuk SEO

Optimasi Gambar Untuk SEO, Semua Yang Perlu Diketahui

4 Cara Menggunakan Data Situs Web Untuk Menemukan Peluang Penjualan Yang Terlewat

Algoritme Peringkat Google Terus Berkembang, Bagaimana Kita Melakukannya?

About the Author