jasa digital marketing
digital agency
Services

Jasa Maintenance Profesional

Jadi Suka Web

Di sini, di jadi suka web kami bangga memberikan faktor WOW untuk usaha / bisnis Anda.

5 Cara Meningkatkan CTR SEO Organik



  • Selasa, 30 Maret 2021

Ingin meningkatkan RKT (CTR) organik web tanpa membuat konten atau membangun link? Gunakan lima strategi ini untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas situs serta meningkatkan peringkat pencarian Google.
 
Muncul di halaman hasil mesin pencari Google (SERPs) adalah hal yang harus dimiliki untuk bisnis apa pun yang ingin memajukan kehadiran online mereka dan meningkatkan pangsa pasar mereka. Tetapi jika tujuannya adalah untuk meningkatkan lalu lintas situs pengunjung web atau meningkatkan penjualan, hanya muncul di halaman pertama saja tidak cukup. Dengan Google yang semakin berubah dari mesin pencari menjadi mesin penjawab, semakin banyak pengguna pencarian yang menyelesaikan pencarian mereka tanpa meninggalkan SERP. Untuk menang di era zero-click saat ini, menjadi yang terpenting bagi bisnis untuk menempati lebih banyak kata di SERP dan menjadi lebih menarik secara visual untuk pengguna pencarian.Jika situs web kurang beruntung dengan meningkatkan lalu lintas organiknya, masalahnya mungkin pada rasio klik-tayang (RKT) organik yang rendah. Meningkatkan kinerja klik-tayang merupakan aspek penting untuk memastikan kesuksesan online jangka panjang, baik di dalam maupun di luar Goosgle. 
 
Jadi apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan RKT atau CTR organik situs web?
Baik kita menjalankan toko online, menjalankan blog memasak, atau mengelola situs klien kita, lima teknik peningkatan RKT atau CTR yang teruji dengan baik ini akan secara positif meningkatkan RKT organik, mengarahkan lebih banyak lalu lintas bertarget ke situs web.
 
Dan bagian terbaiknya? Semua teknik ini mudah dilakukan dan berada dalam kendali kalian.
Mari kita mulai.
 
1. Berkreasilah dengan title tags
 
Daftar SERP organik tradisional memiliki tiga elemen utama:
 
Judul: Tautan biru yang dapat diklik yang menunjukkan judul halaman.
 
Deskripsi: Cuplikan singkat tentang konten yang dapat ditemukan di halaman.
 
URL: Alamat situs web dari halaman tertentu.
 
Tag judul atau title tags daftar pencarian situs (judul) memiliki arti penting yang signifikan bagi mesin pencari dan penggunanya. Sebagai elemen HTML, mesin pencari menggunakan tag judul untuk lebih memahami informasi yang terkandung dalam halaman.
 
Sebaliknya, pengunjung penelusuran, menggunakan tag judul yang terdapat di SERP untuk membuat kesan pertama tentang bisnis kita. Karena ditampilkan dalam warna biru yang mencolok, cara kalian membuat tag judul dapat menjadi faktor penentu dalam kemudahan diklik, yang memengaruhi CTR organik.
 
Tetapi hasil pencarian bukan satu-satunya tempat di mana tag judul digunakan. Karena elemen tag <title> ditemukan di kode HTML halaman, judul juga ditampilkan di bagian atas tab browser web dan ketika konten web dibagikan ke seluruh jaringan media sosial.
 
Jadi, bagaimana kita harus menulis tag judul untuk membuatnya menarik bagi pengunjung pencarian?
Berikut adalah lima dasar untuk diterapkan pada penulisan tag judul web.
 
Panjang title tag 35-55 karakter
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Backlinko, tag judul antara 15 dan 40 karakter memiliki CTR tertinggi. Judul yang singkat ini, bagaimanapun, dapat memberikan tantangan - bagaimana kita menyesuaikan kata kunci dan membuat tag judul menarik? 
 
Menurut pengalaman saya, sweet spot untuk tag judul adalah 35-55 karakter. Panjang dalam rentang tersebut membuat tag judul tetap pendek dan kuat serta memastikannya tidak terpotong dalam hasil pencarian, yang umumnya terjadi pada tag judul 60 karakter.  
 
Gunakan tools seperti SERP Simulator dan SERP Preview Tool untuk memeriksa panjang tag judul.
 
Tempatkan kata kunci utama lebih dekat ke awal
Muat tag judul dengan kata kunci target meningkatkan keunggulan kata kunci itu, memberi makna lebih pada pentingnya kata kunci itu. Selain itu, sebagian besar pengguna biasanya hanya melihat  dua kata pertama  dari judul tertentu. Menempatkan kata kunci di awal membantu membuat kata kunci lebih jelas, dan dengan demikian tampak lebih relevan bagi pengguna.
 
Jangan pernah membahas kata kunci
Meskipun penempatan kata kunci penting, hindari judul yang hanya diisi dengan kata kunci yang tidak relevan atau variasi dari kata kunci target. Tag judul yang diisi penuh dengan kata kunci tidak menarik bagi pengguna pencarian dan merupakan kesalahan untuk meningkatkan CTR.  
 
Tambahkan penekanan pada kata tertentu dengan hurup kapital
Menggunakan huruf besar pada huruf pertama dari setiap kata di tag judul adalah praktik terbaik. Untuk membuat tag judul lebih menonjol dan menambahkan penekanan pada kata-kata yang berdampak tinggi, pertimbangkan untuk menggunakan huruf besar pada kata –kata tertentu yang memberikan informasi berarti.
 
Minimalkan penggunaan kata-kata ini
Hentikan kata-kata seperti  "atau", "dan", dan "etc.", dapat menambahkan panjang yang tidak perlu ke batas karakter yang sudah dibatasi. Untuk memposisikan tag judul dengan lebih baik, gunakan kata-kata berdampak tinggi, kuat seperti dia, eksklusif, hari yang cerah, dan sebagainya.
 
Setelah menguasai seni menulis tag judul, inilah saatnya untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
 
2. Deskripsi meta
Cuplikan di bawah judul di SERP biasanya (tetapi tidak selalu) ditampilkan dari deskripsi meta halaman web. Selain itu, elemen HTML, tujuan deskripsi meta adalah untuk meringkas konten halaman web.
Dan seperti tag judul halaman web, deskripsi meta yang ditulis dengan baik dapat memengaruhi RKT secara positif. 
 
155 karakter ini dapat mempengaruhi 43% pengguna pencarian untuk mengklik situs web. Dan dengan sembilan dari sepuluh pengguna penelusuran mengeklik hasil penelusuran organik vs iklan berbayar, deskripsi meta adalah peluang untuk menarik perhatian pengguna ke situs.
 
Cara menulis meta deskripsi yang sempurna
Saat menulis meta deskripsi yang paling menarik untuk hasil pencarian, mulailah dengan meneliti SERP. mengamati apa yang dilakukan pesaing untuk membantu kita menilai deskripsi apa yang layak diklik di antara audiens target dengan lebih baik.
 
Berikut daftar praktis yang dapat digunakan untuk memastikan meta deskripsi web :
 
a. Tetap berpegang pada panjang kata (optimal Google)
Untuk mengoptimalkan deskripsi meta, pastikan untuk menyimpan ringkasan halaman di bawah 160 karakter dan 130 karakter untuk pencarian seluler. 
 
b. Tambahkan kata kunci yang paling penting
Pastikan untuk memasukkan kata kunci target dalam deskripsi sehingga disorot dalam huruf tebal dalam hasil pencarian.
 
c. Tulis salinan deskriptif
Untuk lebih jauh membuat cuplikan yang menarik pengguna penelusuran untuk mengeklik, sebisa mungkin hindari deskripsi umum.
 
d. Jangan duplikat deskripsi 
Halaman situs harus memiliki deskripsi meta yang unik. Deskripsi duplikat dapat menyebabkan Google menghukum situs Anda.
 
e. Sertakan ajakan bertindak
 
f. Untuk menambah nilai pada deskripsi dan menarik lebih banyak klik, tulis deskripsi situs dengan mempertimbangkan iklan. 
 
Jika kita memiliki banyak halaman di situs, cukup fokus pada pengoptimalan halaman yang paling penting. Mengapa ini yang akan kalian tanyakan? 
 
Karena Google mengabaikan tag meta deskripsi untuk 63% kueri. Memfokuskan upaya pada halaman yang mendapatkan sedikit visibilitas SERP tidak sepadan dengan waktu, terutama ketika deskripsi Google berkinerja sama baiknya, dan terkadang lebih baik daripada deskripsi khusus.
 
Sekarang tag judul dan deskripsi meta telah ditangani, saatnya untuk mengalihkan perhatian kita ke URL.
 
3. Gunakan URL deskriptif
Elemen ketiga dari daftar pencarian tradisional adalah URL halaman situs. Dan penelitian telah menunjukkan bahwa URL kaya akan kata kunci yang dioptimalkan dengan baik dapat  meningkatkan RKT organik sebesar 45% .
 
Lagi pula, jika menyangkut URL dalam hasil penelusuran, bukankah kalain lebih suka mengklik  example.com/blog/ten-tips-for-seo-success  daripada example.com/index.php?=12345678=t44=?p= 123?
 
Jadi apa langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat URL ramah-SEO yang layak diklik?
Langkah pertama adalah memasukkan kata kunci persis yang ingin ditargetkan di URL Anda.
Saat menulis URL, hindari menggunakan karakter khusus, kata berhenti, dan angka. Karakter khusus seperti "&" dan angka. Pastikan juga untuk hanya menggunakan huruf kecil dan tanda hubung untuk memisahkan kata, bukan garis bawah.
 
Terakhir, pertahankan panjang URL tetap pendek. Beberapa penelitian menunjukkan ada korelasi antara URL yang lebih pendek dan peringkat yang lebih tinggi. Panjang URL rata-rata dari sepuluh halaman peringkat teratas adalah 66 karakter.
 
Sekarang setelah memahami strategi SERP dasar untuk meningkatkan kinerja RKT, mari kita lihat dua teknik lanjutan yang dapat kita mulai gunakan di situs.
 
4. Ubah title tag donkeys menjadi RKT unicorn
Meskipun mungkin tergoda untuk hanya menulis tag judul dan melupakannya, untuk mendapatkan hasil terbaik dari daftar organik, kalian perlu terus mengoptimalkan tag judul situs. Cara terbaik untuk sepenuhnya mengoptimalkan tag judul situ adalah dengan menentukan kinerja terburuk situs kita. Tag judul ini kami sebut keledai (donkeys). Cara terbaik untuk menilai tag judul mana yang berkinerja buruk adalah dengan membuka Google Search Console dan mengunduh data kueri web.
 
Setelah kita memiliki data kueri, buat grafik yang membandingkan Rasio Klik-Tayang vs. Posisi Rata-rata untuk kueri apa pun yang memiliki rangking dalam penelusuran organik. Tambahkan garis ke grafik.
 
Sekarang setelah memiliki grafik, targetkan kata kunci di bawah kurva grafik. Ini adalah donkeys terbesar di situs kita, halaman dengan jumlah tayangan tertinggi tetapi memberikan RKT lebih rendah dari yang diharapkan untuk posisi peringkat mereka.
 
Untuk memaksimalkan upaya Anda, daripada menguji tag judul baru dan membandingkan performanya dari waktu ke waktu, pertimbangkan untuk melakukan beberapa "pengujian kilat" Google Ads.
 
Pengujian kilat mengharuskan kita membuat sekumpulan iklan untuk halaman yang akan dioptimalkan dan menguji setidaknya 10 judul yang berbeda. 10 judul adalah minimum untuk pengujian kilat karena ini memberi peluang lebih baik untuk menemukan judul yang paling sesuai dengan audiens situs kita.
Saat kita menemukan unicorn statistik dari pengujian Google Ads, gunakan judul tersebut sebagai tag judul di halaman yang dioptimalkan kembali.
 
Langkah terakhir yang akan kami lihat tidak hanya akan membawa lebih banyak visibilitas, tetapi juga telah terbukti mendatangkan  2,7x lebih banyak lalu lintas dari penelusuran organik .
 
5. Rich results 
Memanfaatkan kekuatan rich snippets  memungkinkan daftar situs menempati lebih banyak visibilita SERP dan meningkatkan elemen visual hasil SERP situs, membantu situs meningkatkan RKT organik sambil memberikan manfaat atas pengunjung dalam melakukan pencarian.
 
Untuk melakukan dengan rich snippets dari penelusuran organik, perlu diketahui jenis skema yang paling umum. Meskipun ada lusinan cuplikan kaya berbeda yang tersedia, tidak setiap cuplikan dapat disesuaikan untuk bisnis Anda. 
 
Jenis skema paling umum yang akan berfungsi untuk sebagian besar bisnis yang bersaing di SERP meliputi:
 
a. Cuplikan ulasan (Review snippets): Menampilkan bintang dan peringkat numerik di bawah deskripsi meta.
 
b. Cuplikan rich data resep (Recipe rich data snippet) : Memberikan ikhtisar langkah demi langkah dari resep tertentu.
 
c. Cuplikan Petunjuk (How-To snippets) : Memberikan petunjuk langkah demi langkah untuk tugas tertentu.
 
d. Sitelinks : Menambahkan tautan navigasi ke halaman utama di situs Anda di bawah deskripsi meta.
 
e. Cuplikan kotak pencarian (Search box snippet) : Menampilkan kotak pencarian internal situs Anda dalam SERP.
 
f. Cuplikan produk (Product snippet) : Menampilkan informasi produk (harga, ulasan, ketersediaan stok) di SERPs.
 
g. Video snippet : Menampilkan informasi video (URL thumbnail, tanggal upload, transkrip, dll.) Dalam SERP.
 
h. FAQ snippet : Menyajikan pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan di hasil pencarian.
 
Sekarang setelah kita memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang jenis rich snippets yang tersedia, ikuti proses tujuh langkah ini untuk mempublikasikan data terstruktur ke situs:
 
a. Kunjungi  Markup Data Terstruktur Google (Structured Data Markup Helper).
 
b. Pilih jenis cuplikan yang ingin Anda buat.
 
c. Tempelkan URL atau sumber HTML ke Markup Helper.
 
d. Sorot elemen halaman yang ingin Anda sertakan dalam data terstruktur.
 
e. Klik tombol  Buat HTML.
 
f. Salin dan tempel data terstruktur yang Anda buat ke HTML halaman.
 
g. Pratinjau dan uji rich snippet di Google Rich Results Test.
 
Setelah menjalankan pengujian, schema markup akan membuat laporan yang menyatakan kelayakan rich snippet. Informasi tersebut juga akan menunjukkan masalah atau peringatan yang perlu diperbaiki sebelum halaman dapat dipublikasikan.
 
Namun, perlu diperhatikan bahwa memiliki data terstruktur yang divalidasi dalam kode halaman tidak secara otomatis menjamin bahwa listingan penelusuran akan menampilkan rich snippet. Google akan selalu memberikan pengalaman pencarian terbaik kepada pengguna pencarian yang, terkadang, mungkin tidak memerlukan rich snippet.
 
Sekarang giliranmu
Dengan menggunakan strategi di atas, situs kita dapat mulai mengalami lebih banyak lalu lintas organik. Ini secara signifikan dapat berkontribusi pada kesuksesan online yang lebih besar secara keseluruhan dan, pada akhirnya, meningkatkan konversi situs. Terlebih lagi, strategi yang disediakan di sini meningkatkan lalu lintas situs tanpa membuat lebih banyak konten atau  membangun lebih banyak tautan.
 
Dengan rasio klik-tayang organik yang sudah menurun, mengadaptasi tip dan taktik ini ke situs kalian akan memungkinkan tetap kompetitif.
 
Dan bagian terbaiknya? Semua strategi yang disebutkan di sini juga dapat digunakan oleh bisnis apa pun, terlepas dari biaya SEO dan biaya pemasaran.

Baca Juga :

7 Fitur Google Analytics yang Sering Diremehkan

10 Tren Penting 2021 SEO yang Harus Diketahui

Strategi Digital Marketing Untuk Siklus Hidup Produk

Fungsi Tags Dan Keyword Pada Website

Apa itu Content Marketing dan Mengapa Anda Membutuhkannya

Tips Untuk Strategi Kampanye Google Ads

Mengapa, Kapan dan Bagaimana Membuat Segmen Pasar

Panduan Pemula untuk Pemasaran Melalui Email yang Berhasil

Faktor Apa Saja Untuk Mendapatkan Peringkat Google

Apa Itu Speakable Schema Markup dan Manfaat Untuk SEO Dimasa Depan?

About the Author