jasa digital marketing
digital agency
Services

Jasa Maintenance Profesional

Jadi Suka Web

Di sini, di jadi suka web kami bangga memberikan faktor WOW untuk usaha / bisnis Anda.

5 Cara Menggunakan ML untuk Digital Marketing



  • Rabu, 31 Maret 2021

Lima cara teratas bagaimana menggunakan machine learning (ML) dan Chatbot terbaik untuk menjalankan strategi digital marketing. 

Hingga dekade terakhir ini, istilah kecerdasan buatan artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML) dianggap sebagai sesuatu yang terkait dengan robot dan mesin yang bersedia mengambil alih setiap tindakan dan pekerjaan umat manusia. Namun hari ini, machine learning telah mulai mengubah cara kita menjalani hidup. Kehadiran teknologi yang dibangun di atas AI dan ML dapat dirasakan di semua lapisan masyarakat.
 
Machine Learning Dan Digital Marketing
30% perusahaan sudah menggunakan Machine Learning setidaknya satu bagian dari proses penjualan produk maupun jasa mereka pada tahun 2020.
 
Aplikasi Machine Learning yang cerdas dapat digunakan untuk meningkatkan hasil implementasi digital marketing dan pemasaran online. Kemajuan ini dapat membantu perusahaan dalam hal personalisasi, pengelolaan big data (baik database konsumen maupun database operasional usaha), dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.
 
Rupanya, jika ingin meningkatkan digital marketing kita, setidaknya kita harus fokus pada Analisis, Personalisasi, dan Pengoptimalan. Dan Machine Learning dapat membantu menjalankan semua ini.
Selain itu, ML dapat digunakan di semua aspek digital marketing, baik itu pengoptimalan & search engine, media sosial, email marketing, iklan berbayar, atau bahkan konten marketing.
 
Berikut adalah beberapa cara dan teknik berbasis ML dapat digunakan dalam digital marketing dan pemasaran online.
 
1. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan (Improved Customer Experience) 
Memberikan pengalaman terbaik terhadap pelanggan merupakan salah satu strategi maupun objek yang harus dilakukan baik oleh perusahaan maupun organisasi usaha. Mengintegrasikan chatbot yang mendukung ML dalam proses pemasaran online kita - lebih spesifiknya, di situs web kita dapat menambah pengalaman pelanggan yang akan diberikan.
 
Sekitar 80% pelanggan ingin pertanyaan obrolan mereka dijawab dengan cepat. Saat itulah software chat berbasis AI dan ML bisa menjadi penyelamat bisnia kalian.
 
Selain mengurangi waktu tunggu pelanggan, integrasi chatbot memastikan ketersediaan 24 x 7 x 365 dan memungkinkan memperluas basis data tanpa gangguan manual, setelah dilatih, dan berhasil diimplementasikan.
 
Chatbots juga memungkinkan kita untuk mentransfer panggilan atau obrolan ke CS (manusia bukan robot)  kapan saja selama percakapan.
 
Ada cara lain chatbots dapat digunakan dalam pemasaran. Kita dapat melatih dan membuat chatbot belajar (karena bot ini dirancang untuk belajar) untuk mengirim email, pesan chat, dan menindaklanjuti pesan mereka sendiri.
 
Dengan cara ini, kita dapat mengirimkan informasi penting kepada pelanggan terkait dengan penawaran baru dan peluncuran produk.
 
Dan pada gilirannya, Kita akan mendapatkan banyak informasi yang berkaitan dengan perilaku konsumen dan kinerja produk. Metrik ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi dan pengambilan keputusan di masa depan.
 
Chatbot merupakan sebuah program komputer berbasis AI (Artificial Intelligence), atau robot virtual yang dapat mensimulasikan percakapan layaknya manusia. Teknologi ini juga dikenal sebagai asisten digital yang dapat memahami serta memproses permintaan pengguna, dan memberikan jawaban yang relevan dengan cepat.
 
Bahkan, bot ini dapat menirukan percakapan manusia dalam bentuk teks maupun suara yang diaplikasikan pada situs website dan aplikasi WhatsApp , Facebook , Twitter dan lain-lain.
 
Latih bot untuk dapat merespon dengan tepat – sebelum bot siap digunakan, lakukan test A/Z untuk menilai bagaimana performa bot Anda. Bantu dengan penggunaan format Frequently Asked Questions (FAQ) sehingga jawaban yang dihasilkan dapat sesuai. 
 
Berikut beberapa rekomendasi mengenai platform Chatbots builder terbaik:
 
3. Engati
 
Kalian dapat memanfaatkan platform ini untuk mendukung setiap elemen bisnis mulai dari pelayanan, pemasaran, hingga sebagai alat untuk mengumpulkan data behavior audiens. 

2. Pembuatan Dan Kurasi Konten
Bahkan di tahun 2021, konten masih menjadi raja. Konten mengatur semua bentuk pemasaran. Tanpa konten, kita tidak akan bisa memasarkan produk maupun jasa.
 
Pembuatan konten dan kurasi konten membutuhkan waktu berjam-jam untuk bertukar pikiran dan menemukan ide yang sesuai. Di sini, Tools ML dapat menghemat banyak waktu yang dapat digunakan di area maupun bagian terpenting lainnya yang menuntut perhatian. Ini dapat membantu meningkatkan apa yang kita tulis dan apa yg akan dipublikasikan.
 
a. Curata
b. Flipboard
c. Pocket
d. Vestorly 
 
Beberapa tools di atas dapat digunakan untuk kurasi konten paling populer yang dapat digunakan untuk membuat cerita yang sangat menarik untuk dikirim dan dibagikan.
 
Solusi kurasi konten berbasis ML ini dapat mengatur informasi dan konten, memberikan saran, dan membuat konten yang menarik dengan template yang dirancang dengan brilian.
 
Penggunaan aplikasi ML juga memudahkan cara kita menulis atau membuat konten. Koreksi otomatis pada ponsel atau Gmail adalah contoh sempurna dari teknologi machine learning.
 
Sampai saat ini kami belum mengetahui teknologi yang dapat menulis sendiri tanpa campur tangan manusia. Tetapi ada alat, Quill yang dapat membuat deskripsi dari kumpulan data yang besar.
 
Ada banyak alat pembuatan konten berbasis AI dan ML seperti frase.io yang dapat membantu Anda meneliti topik dan meringkas teks panjang dengan cepat. Tools ini dapat terus mengoptimalkan konten di situs web untuk interaksi dan pengalaman yang lebih baik.
 
Email masih menjadi alat pemasaran yang ampuh. Alat yang disebut Phrasee dapat membantu membuat salinan email terikat hasil dan subject lines.
 
3. Website UI/UX
User Interface (UI) dan pengalaman pengguna atau user experience (UX) website adalah salah satu aspek terpenting dari digital marketing. hal ini akan secara langsung terkait dengan peringkat pencarian dan visibilitas situs web Anda.
 
Teknologi machine learning juga dapat membantu meningkatkan desain situs web. Kami telah menyebutkan bahwa kalian dapat menganalisis dan menemukan wawasan berharga terkait perilaku pengguna dan kinerja situs web menggunakan Tools ML.
 
Teknologi ini akan memungkinkan kita membuat situs web yang menurut pengguna lebih praktis dan berguna. Tools pembuatan situs web terkemuka  seperti Wix, Weebly, dan WordPress menggunakan teknologi dan analitik untuk membangun situs web yang sederhana namun efektif dan berguna.
 
4. Otomatisasi Pemasaran (Marketing Automation)
Jika menggunakan alat otomatisasi pemasaran, Anda dapat mengharapkan pertumbuhan pendapatan lebih dari 10% dalam satu tahun. Itulah alasan mengapa lebih dari 79% merek terkenal telah mulai menggunakan otomasi pemasaran dalam tiga tahun terakhir.
 
Mengotomatiskan pemasaran akan membawa strategi pertumbuhan ke level berikutnya. Tools maupun website yang dibangun dengan pendekatan ML dapat memecahkan kode dan belajar dari tren, menyarankan tindakan berdasarkan riwayat dan pengalaman masa lalu, dan memberikan analitik yang akurat untuk membantu Anda mengembangkan strategi dan mengambil tindakan yang menghasilkan.
 
Segmentasi pelanggan, promosi ke audiens yang tepat, dan mengirimkan tindak lanjut menjadi tugas non-manusia dengan alat pemasaran berbasis ML yang canggih. Setelah setiap implementasi dan kampanye, alat tersebut belajar secara otomatis dan menunjukkan cakupan peningkatan untuk kampanye di masa mendatang.
 
5. Iklan yang Lebih Optimal
Cara periklanan tradisional termasuk memilih konten iklan yang tepat dan memilih saluran atau platform yang tepat untuk menampilkan iklan Anda. Ini juga perlu memilih waktu yang tepat untuk menampilkan iklan. Ini lebih merupakan pekerjaan manual dengan kemungkinan besar iklan tidak memenuhi harapan.
 
Dengan alat periklanan berbasis AI, seperti Iklan Facebook atau Iklan Google maupun linkedin, Anda dapat memasang iklan yang dioptimalkan dengan baik kepada audiens. Ini memungkinkan Anda menemukan audiens yang tepat untuk iklan dan memotong biaya iklan secara signifikan.
 
Selain menjangkau calon pelanggan, dapat menampilkan iklan dalam berbagai format dan menggandakan hasil dari berbagai cara (cross marketing). Sekilas saja, kita bisa menemukan calon pelanggan berdasarkan ciri-ciri pelanggan yang sudah ada atau pelanggan pesaing usaha anda.
 
Tidak hanya itu, Kita dapat mengirim dan menampilkan iklan saat audiens rata-rata paling aktif. Teknologi zaman now ini menghemat waktu dan dapat meningkatkan laba atas investasi iklan.
 
Terakhir 
Media sosial adalah alat pemasaran yang paling banyak digunakan setelah email. Ini juga muncul sebagai alat utama untuk memberikan layanan pelanggan secara real-time. Keterlibatan pelanggan, promosi merek, dan perolehan prospek juga merupakan aktivitas teratas di media sosial. Kalian dapat menggunakan teknologi AI dan ML untuk memperkuat pemasaran  melalui media sosial.
 
social listening tools berkemampuan ML membantu kalian dengan manajemen reputasi. Dengan menggunakan alat ini, dapat memantau apa yang dibicarakan pengikut dan non-pengikut tentang Anda dan produk Anda. Dengan Tools ini kita dapat melacak brand, kata kunci, hashtags, dan produk terkait.
 
Berikut Sosial Listening Tools
1. Awario
 
Di sinilah kita memiliki kesempatan untuk menjangkau pelanggan yang tidak puas, menyelesaikan masalah mereka, dan mengubahnya menjadi pelanggan yang puas.
 
Kita juga dapat memahami jenis konten mana pada waktu yang paling banyak dilibatkan (atau dikritik). Ini akan membantu kita semua merencanakan konten media sosial di lain waktu.
 
Ke depannya, kita juga dapat menggunakan data analisis pesaing untuk membuat kampanye baru.
 
SEO juga dapat memanfaatkan dan harus menggunakan alat ML yang inovatif. SEM Rush, Hubspot, Moz, dan alat SEO dan Digital Pemasaran terkemuka lainnya yang memiliki pengembangan AI dan ML.
 
Tools SEO dan Digital Marketing 

Baca Juga :

Apa Perbedaan Antara Artificial Intelligence, Machine Learning Dan Deep Learning?

Bagaimana Media Sosial Mempengaruhi Keputusan Pembelian

5 Wawasan Baru Statistik Perayapan Google Webmaster

Generasi Pemimpin Milenial B2B Wajib Menggunakan Instagram Stories

5 Cara Meningkatkan CTR SEO Organik

10 Jenis Pemasaran Digital Yang Harus Anda Ketahui Dan Pertimbangkan Untuk Strategi Pemasaran Anda.

Google Analytics Membantu Anda Filter Spider dan Bot Pengunjung

Tips Untuk Strategi Kampanye Google Ads

Pemasaran Lintas Saluran atau Cross Channel Untuk UKM dan UMKM

Daftar Keahlian Penting yang Harus Diketahui Setiap Digital Marketing

About the Author