jasa digital marketing
digital agency
Services

Jasa Maintenance Profesional

Jadi Suka Web

Di sini, di jadi suka web kami bangga memberikan faktor WOW untuk usaha / bisnis Anda.

4 Langkah Meningkatkan Keamanan Website Untuk Strategi SEO



  • Minggu, 04 April 2021

Berfokus pada SEO dan cybersecurity membantu bisnis kita. Bisnis online sepenuhnya berpusat pada peringkat pencarian tinggi untuk reputasi dan keuntungan bisnis untuk tumbuh dan berkembang. Untuk tujuan ini, mereka sering menerapkan taktik SEO yang paling efektif, dari link building hingga konten marketing, hingga dapat ditemukan di halaman depan pencarian Google.
 
Namun demikian, selain memberikan konten terbaik kepada pengguna, Google juga bertujuan untuk menjadikan internet sebagai lingkungan yang aman, sehingga mengutamakan praktik websites’ cybersecurity.
 
Faktanya, peretasan (hacks) mungkin tidak hanya merusak reputasi bisnis, tetapi juga untuk kinerja penelusuran organik situs web. Karenanya, keamanan siber dan SEO berjalan seiring untuk membangun reputasi online perusahaan. Jika website tidak mematuhi keamanan terbaru, itu dapat dimasukkan ke daftar hitam oleh Google (blacklisted Google), akibat serangan spam atau aktivitas bot berbahaya. 
 
Jadi, kami ingin membagikan saran yang efektif tentang cara mengenali kerentanan keamanan tepat waktu, cara mengintegrasikan pemeriksaan keamanan ke dalam strategi pengembangan, mengapa kita harus scan website secara teratur, dan cara melindungi local networks. 
 
Empat langkah utama untuk meningkatkan keamanan situs web
Keamanan atau tidak adanya keamanan dapat sangat memengaruhi SEO. Kita semua tahu bahwa sertifikat HTTP bukan lagi cara yang dapat diandalkan untuk mengamankan situs dan HTTPS telah, menjadi sebagian besar standar keamanan. Pada tahun 2014, Google mulai memprioritaskan situs dengan HTTPS di hasil pencarian. 
 
Berfokus pada SEO dan keamanan akan membantu bisnis untuk dapat tumbuh dan berkembang. Perjuangan untuk meningkatkan peringkat website dan menjaganya tetap aman adalah hal biasa bagi banyak perusahaan, jadi inilah yang kami sarankan:
 
# 1: Belajar mengenali tanda peringatan paling awal
Serangan Cyber dapat menyebabkan aktivitas bot berbahaya. Bot akan selalu mewakili bagian dari lalu lintas website, tetapi tidak semua bot tidak berbahaya bagi keamanan website. Namun, Cybercriminals meluncurkan bot untuk merayapi situs dalam mencari bagian yang rentan, pencurian data, atau pembobolan konten. Bot jahat menggunakan bandwidth yang sama dengan bot "baik" dan pengunjung biasa. Jika server terkena tugas berulang oleh bot jahat, hal itu dapat menyebabkan server berhenti menyajikan halaman. 
 
Cybercriminals selalu mengandalkan sisi lemah situs web untuk meretasnya. Oleh karena itu, penting untuk tetap berada di depan dan memperhatikan tanda-tanda peringatan serangan siber berikut. Cybercriminals dapat menyebabkan aktivitas bot berbahaya. 
 
Google Alerts dan notifikasi
Jika kita menerima pemberitahuan lansiran Google atau melihat peringatan " Site not available " di hasil penelusuran, kami punya kabar buruk. Ini adalah tanda bahwa website kalian telah diretas. Untuk mengonfirmasi fakta ini, buka Google Search Console, bagian Masalah Keamanan, dan cari URL yang diretas yang terdeteksi oleh Google.
 
Adanya kode JavaScript yang aneh
Kehadiran kode Java yang aneh dalam kode sumber website merupakan tanda peringatan yang dapat diandalkan. Kode Javascript sering digunakan oleh peretas untuk mencuri data pribadi berharga seperti detail kartu kredit atau sandi dari situs kalian. Jika melihat jejak kode yang tampak aneh, segera singkirkan. 
 
Login credentials tidak berfungsi
Tidak sulit untuk menebak bahwa ada yang tidak beres saat kita memasukkan info login yang valid dan mendapatkan notifikasi " wrong password ". login credentials telah diubah oleh cybercriminals. 
 
Anda sering mendapatkan popups acak atau pesan kesalahan
Lebih dari separuh serangan berbahaya di website dilakukan oleh SEO "black hack" yang bertujuan untuk meningkatkan peringkat situs mereka sendiri. Mereka menargetkan situs dengan peringkat pencarian yang menonjol dan menyisipkan tautan atau menggunakan Javascript untuk mengarahkan pengguna ke situs web jahat mereka sendiri. SEO spamming memungkinkan penipu untuk menggunakan website peringkat tinggi untuk mempromosikan konten berkualitas rendah dan akibatnya, mendorong peringkat mereka. Spam SEO memiliki beberapa dampak negatif:
 
1. Situs ini akan masuk daftar hitam oleh search engine.
2. Peringkat spam situs dapat menurunkan peringkat situs (site ranking)
3. Reputasi bisnis akan dirusak secara dramatis karena pengunjung akan melihat banyak konten spamming.
 
Sangat sering peretas menggunakan skrip lintas situs (cross-site scripting ) atau memasukkan kode mereka sendiri ke dalam kode sumber situs web kalian untuk melewati sistem keamanannya. Jadi jika kalian mendapatkan pemberitahuan semacam ini, jangan abaikan. Saatnya menjalankan pemindaian serius untuk menemukan perangkat lunak berbahaya.
 
# 2: Jadikan pemeriksaan keamanan sebagai bagian dari strategi pengembangan
Jika kalian pernah menjadi subjek serangan dunia maya cyber attack, kerugian finansial bukan satu-satunya konsekuensi yang mengkhawatirkan. Situs web yang disusupi mungkin menghadapi berbagai hukuman oleh Google dan mendistorsi hasil pencarian. Saat calon pelanggan akan mencari situs web kalian, kemungkinan besar mereka akan menemui laman peringatan yang akan menghalangi mereka untuk mengunjungi situs kalian. Oleh karena itu, penting untuk menjadikan keamanan siber sebagai bagian dari strategi SEO.
 
Mempercayai peringatan Google adalah nasihat bagus, ada lebih dari itu yang harus dilakukan. Belajar untuk memprediksi kemungkinan ancaman dan mengontrol tingkat keamanan siber. Selain melibatkan tim spesialis TI kalian, rekrut satu lagi profesional keamanan siber. Hanya spesialis yang berkualifikasi yang akan membantu kalian menemukan kerentanan situs dan menguraikan strategi perlindungan dunia maya untuk bisnis eCommerce.
 
# 3: Gunakan scanning tools
Satu lagi cara untuk menghilangkan intervensi jahat adalah dengan menggunakan pemindai file malware. Sistem melihat kode situs web untuk memeriksa halaman web untuk malware atau file PHP atau HTML yang aneh di server Anda. Contoh pemindai yang dapat mencegah website dihukum, masuk daftar hitam, dan mempertahankan peringkat mesin telusur Anda adalah Sucuri SiteCheck atau Web Inspector. 
 
Selain itu, tools analitik web open-source seperti AWStats dapat melakukan scan file log untuk mencari aktivitas yang mencurigakan. Tools ini menawarkan data pada setiap bot yang di crawled, bandwidth yang digunakan, tanggal terakhir crawled, dan total klik, memungkinkan kita dapat mendeteksi aktivitas berbahaya.
 
Misalnya, throughput bot tidak melebihi beberapa megabyte per bulan. Jika web menghadapi ribuan kunjungan halaman dari satu alamat IP dalam waktu singkat, bandwidth yang tersedia akan dibatasi.
 
Terakhir, gunakan alat seperti Ahrefs dan Majestic untuk memeriksa profil backlink website. Mereka tidak hanya akan meningkatkan SEO situs tetapi juga melacak backlink yang tidak perlu dari spammer SEO.
 
# 4: Lindungi keamanan dan privasi dengan VPN
Tidak peduli di mana kalian berada di daerah terpencil, di rumah, atau kantor, keamanan jaringan lokal harus diperketat dalam keadaan apa pun. Jaringan yang besar sangat rentan terhadap kesalahan manusia, dan risikonya tidak dapat dianggap remeh dibandingkan dengan jaringan kecil. Semua pengguna perlu memastikan bahwa mereka mematuhi semua langkah keamanan standar. Terlepas dari waktu dan tempat kerja mereka, mereka harus memastikan bahwa lalu lintas dikendalikan dengan Firewall Aplikasi Web dan koneksi dienkripsi dengan VPN yang stabil.  
 
Ada tiga cara utama VPN meningkatkan keamanan situs web secara signifikan. Pertama, ini mengenkripsi semua data sensitif, jadi peretas tidak dapat mengaksesnya. Kedua, VPN mencegat perangkat lunak berbahaya atau upaya phishing yang menghentikannya untuk menyusup ke sistem website kalian. Dan ketiga, VPN harus dimiliki oleh perusahaan yang memiliki karyawan jarak jauh yang mungkin mengakses sistem perusahaan menggunakan hotspot publik karena melakukan hal itu tanpa VPN dapat menyebabkan kerentanan keamanan. 
 
Pasar saat ini tidak mengalami kekurangan pemasok VPN berkualitas. Jadi lakukan riset dan pilih VPN yang akan memenuhi semua kebutuhan bisnis Anda. 
 
Kesimpulan
Internet security itu penting dan itu sangat penting. Pelanggaran keamanan dalam pengoperasian situs web dapat menyebabkan kerusakan dramatis pada reputasi dan pendapatan terutama pada situs web eCommerce.
 
Keamanan siber perlu menjadi bagian dari strategi SEO untuk semua perusahaan eCommerce yang ingin mengambil posisi terdepan di pasar penjualan online. Sekarang ketika kalian tahu bahwa keamanan sangat penting dalam web, inilah saatnya bagi tim SEO dan TI untuk menyatukan kekuatan dan membuat strategi handal yang akan menaikkan peringkat situs web dan menjaga keamanan website.

Baca Juga :

Apa itu Content Marketing dan Mengapa Anda Membutuhkannya

Fungsi Tags Dan Keyword Pada Website

Algoritme Peringkat Google Terus Berkembang, Bagaimana Kita Melakukannya?

5 Wawasan Baru Statistik Perayapan Google Webmaster

Bagaimana Media Sosial Mempengaruhi Keputusan Pembelian

Daftar Keahlian Penting yang Harus Diketahui Setiap Digital Marketing

Cara Mengembangkan Konten untuk Website

4 Langkah Meningkatkan Keamanan Website Untuk Strategi SEO

Berikut 7 Peluang Pengambilan Data Untuk Menjalankan Bisnis

Strategi Digital Marketing Untuk Siklus Hidup Produk

About the Author