jasa digital marketing
digital agency
Services

Jasa Maintenance Profesional

Jadi Suka Web

Di sini, di jadi suka web kami bangga memberikan faktor WOW untuk usaha / bisnis Anda.

6 Tips SEO Internasional yang Harus Diketahui



  • Senin, 05 April 2021

SEO internasional atau global bukanlah suatu pendekatan strategi yang mudah. Kiat yang harus diketahui yang dapat membantu melewati perbedaan rumit dalam bahasa, budaya, dan kebiasaan penelusuran.
 
Awal ekspansi internasional adalah tonggak sejarah yang luar biasa untuk bisnis apa pun, dan bersiap untuk melakukan perjalanan bisnis kita ke seluruh dunia akan menjadi salah satu momen paling menarik dalam karier usaha. Tetapi hanya karena bisnis kalian berkembang di rumah tidak berarti tidak akan sukses di luar negeri. Untuk mencapai itu, kita harus memperhatikan pendekatan maupun strategi SEO internasional.
 
Mencapai visibilitas online dalam skala internasional bisa jadi rumit, terutama jika memperhitungkan perbedaan dalam bahasa, budaya, dan kebiasaan penelusuran. Dalam hal Ini bukan hanya pendekatan cookie di mana satu ukuran cocok untuk semua wilayah. Namun, kita akan lebih dari siap untuk mengatasi tantangan SEO internasional setelah kalian mengikuti enam tip yang harus diketahui ini.
 
1. Pilih strategi domain yang efektif
TLD .com biasanya dianggap sebagai yang terbaik dalam hal domain dan otoritas yang diberikan oleh search engines. Tapi ini bisa terlalu umum untuk menarik pelanggan internasional. Sebaliknya, domain kita harus dengan jelas menargetkan negara pilihan dan menunjukkan kepada pengguna di seluruh dunia bahwa website kalian melayani mereka secara khusus diseluruh dunia.
 
CCTLD, misalnya, cocacola.fr, domain seperti ini sering kali populer karena kode negaranya langsung menunjukkan kepada pengguna dan mesin telusur apa negara targetnya. Namun, jika kalian memiliki beberapa versi situs web yang dilokalkan di sejumlah ccTLD, mesin telusur akan memperlakukannya sebagai entitas terpisah, yang berarti setiap domain perlu membangun backlinks balik dan otoritas dari awal.
 
Subdirektori, seperti domain, nike.com/fr mempertahankan semua upaya SEO yang sudah ada saat kita hanya menambahkan folder yang dilokalkan ke domain yang digunakan saat ini. Namun, ini berisiko menyebabkan kanibalisasi internal jika halaman arahan internasional yang berbeda dioptimalkan untuk kata kunci yang sama, seperti subfolder AS dan subfolder Australia yang sebagian besar bahasanya sama.
 
Subdomain (seperti fr.airbnb.com) sering kali menjadi default untuk CMS tools, tetapi pengguna cenderung tidak mengaitkan situs kalian dengan negaranya karena kode negaranya didahulukan daripada yang terakhir, yang berarti rasio klik-tayang (RKT) dapat memakan waktu.
 
Semua strategi domain memiliki pro dan kontra, jadi penting untuk memastikan bagaimana setiap opsi akan bekerja untuk bisnis kalian secara spesifik.  salah satu pakar SEO menyatakan, menyoroti beberapa poin yang dapat menentukan keputusan strategi domain internasional. Anggaran jelas berperan, ccTLD bisa sangat mahal, dan brand kalian juga bisa menjadi faktor.
 
Seperti yang mereka jelaskan: "Jika perusahaan kalian memiliki logo yang menampilkan domain, atau pedoman brand yang mengatur tentang bisnis sebagai YourBrand.com, maka ccTLD tidak akan berfungsi." kalian juga perlu mempertimbangkan kemungkinan batasan CMS dan domain kalian saat ini. Misalnya, subdirektori dan subdomain hanya berfungsi dengan domain level teratas generik yang sudah ada seperti .com.
 
Lihat struktur domain pesaing di negara target kalian untuk melihat apa yang disukai Google. Kalian mungkin memutuskan untuk menggunakan kombinasi dari ketiga strategi untuk menargetkan pasar yang berbeda.
 
Mengenal Jenis Domain TLD, gTLD, ccTLD, SLD
 
Domain TLD (Top Level Domain)
Top Level Domain merupakan biasanya mengacu pada ekstensi domain terkenal. contoh domain .com, .net, .org, .edu, .gov, .mil, dll. Semua itu memiliki perannya masing-masing. Ekstensi .com biasa dipakai untuk website komersil. 
 
TLD .net dan TLD .edu
Domain .net yang merupakan kepanjangan dari Network. Ini juga banyak digunakan. net merupakan jenis domain yang banyak memberikan informasi tentang jaringan, science, dan teknologi. Kemudian, .org atau organization yang biasanya banyak dipakai untuk keperluan web organisasi. Jenis TLD yang satu ini memang sangat banyak digunakan untuk keperluan yang spesifik. Kebanyakan organisasi menggunakan ekstensi ini untuk lembaga tertentu, baik kalangan pemerintahan lokal, internasional, nasional, dan lain sebagainya.  
 
Selain itu,.edu yang merupakan kepanjangan dari education atau pendidikan. kebanyakan ekstensi ini dipakai untuk website sekolah menengah, sekolah tinggi, universitas dll. 
 
TLD .gov dan TLD .mil
Ekstensi .gov yang secara spesifik dikhususkan untuk web lembaga pemerintahan. Ekstensi .mil. Ini banyak dipakai untuk keperluan militer. 
 
gTLD
Domain gTLD dan ccTLD adalah bagian dari domain TLD diatas. gTLD kepanjangan dari Global Top Level Domain yang berarti domain tersebut memiliki fungsi komersil dan global. Maka domain jenis ini ekstensi .com dan juga .net. baik itu untuk tipe domain/subdomain.
 
ccTLD
ccTLD adalah Country Code Level Domain. Ini artinya sebuah domain yang diperuntungkan bagi negara masing-masing. Di Indonesia, domain yang bersifat ccTLD disimbolkan dgn ekstensi id. Contohnya .co.id, .id saja, atau .net.id. Sedangkah untuk negara lain contohnya .jp untuk negara Jepang dan juga ekstensi .sgp untuk negara Singapura.
 
SLD (Second Level Domain)
SLD atau Second Level Domain mengacu pada nama pada domain tersebut. Contoh beritaharianistimewa.com, maka beritaharianistimewa adalah nama dari SLD nya. Sementara .com adalah nama dari TLD nya. 
 
3LD (Third Level Domain)
Third Level Domain yang merupakan tipe lain dari jenis domain. Jika sebelumnya ada First Level Domain dan juga Second Level Domain, maka Third Level Domain menggunakan ekstensi dari domain lain. Artinya, Third Level Domain sama halnya dengan subdomain. Contoh beritaharianistimewa.beritakita.com. Dari sini kita dapat melihat website itu memiliki ekstensi yang menumpang pada domain terkait. 

2. Lakukan penelitian kata kunci lokal
Kalian mungkin merasa memiliki pemahaman yang baik tentang kebiasaan pencarian audiens saat ini, tetapi kata kunci ini mungkin tidak populer. Melakukan penelitian kata kunci yang dilokalkan akan membantu kalian menilai kueri online yang kemungkinan besar akan bermanfaat dengan baik di setiap negara.
 
Ini tidak terlalu sulit ketika kalian menargetkan penutur bahasa Inggris lainnya, meskipun Anda tetap harus mempertimbangkan bahasa gaul dan variasi regional. Misalnya, jika memiliki bisnis sepatu yang mengincar audiens Australia, kalian mungkin akan lebih baik menargetkan kata kunci "thong" daripada "flip flop". Ini sangat relevan dengan penelusuran suara.
 
Tentu saja, segalanya menjadi lebih rumit ketika berurusan dengan bahasa yang sama sekali berbeda. Kalian mungkin tidak memahami kata-kata itu sendiri dan juga perlu mempertimbangkan bagaimana konteks budaya dapat memengaruhi niat. Temuan dari Webcertain menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kebiasaan pencarian pengguna AS dan China. Sekitar 60% penelusuran di AS tentang kursi yang berkaitan dengan gaya dan bentuk, namun hanya 20% penelusuran di China yang memiliki tujuan yang sama. Faktanya, 5% lebih banyak penelusuran di China berbasis aksi - apa yang harus dilakukan dengan kursi tersebut. Budaya dapat sangat memengaruhi cara orang merumuskan kueri online mereka dan kalian tidak dapat mengabaikan faktor ini saat memilih kata kunci khusus lokasi.
 
3. Jangan menganggap satu bahasa berarti satu budaya
Satu ukuran tidak cocok untuk semua dalam hal ekspansi internasional, terutama mengingat keragaman bahasa. Ada banyak perbedaan dalam bahasa Portugis Standar dan Portugis Brasil, sementara ada banyak variasi bahasa Spanyol yang digunakan di Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Karibia, apalagi banyak dialek regional di Spanyol itu sendiri.
 
Kita mungkin berpikir bahwa menerjemahkan situs web ke dalam bahasa "standar" akan memungkinkan terhubung dengan semua pasar yang relevan, tetapi itu berisiko mengabaikan jutaan calon pelanggan jika kalian tidak menyesuaikan konten dengan setiap lokasi target.
 
Pertama-tama, ingatlah bahwa idiom atau bahasa sehari-hari mungkin masuk akal di satu tempat tetapi tidak di tempat lain, bahkan jika bahasa yang sama digunakan. Jika bisnis furnitur yang berbasis di Irlandia menggunakan kata "pers", sangat kecil kemungkinannya setiap penutur bahasa Inggris di luar negeri akan menyadari bahwa ini merujuk pada lemari dapur.
 
Demikian pula, beberapa kata, gambar, dan praktik diterima di satu tempat tetapi menyinggung di tempat lain. Meskipun bahasa Arab adalah bahasa resmi di Maroko dan Arab Saudi, referensi ke alkohol hanya akan diizinkan jika menargetkan alkohol karena minuman keras dilarang di Arab Saudi. Kalian juga perlu menggunakan pengukuran yang benar, mata uang, dan detail lainnya, yang mungkin berbeda dari satu negara ke negara lain terlepas dari bahasanya. Orang Kanada yang berbahasa Prancis akan bingung melihat harga dalam euro, bukan Dolar Kanada.
 
Kesalahan seperti ini dapat menghalangi pengguna dan merusak kepercayaan, otoritas, dan rasio klik-tayang bisnis. Oleh karena itu, akan menjadi kesalahan besar jika berfokus pada terjemahan yang akurat tanpa mempertimbangkan faktor sejarah dan budaya yang unik yang membuat setiap tempat menjadi unik. Berkonsultasi dengan orang-orang yang mengetahui nuansa setiap lokasi target akan memastikan konten sesuai untuk semua pelanggan potensial yang tinggal di sana.
 
4. Berpikir di luar Google
Google merupakan wadah kosong dalam hal semua upaya SEO, tetapi mungkin ada mesin pencari lain yang harus diprioritaskan selama ekspansi internasional. Mayoritas pengguna di China dan Rusia, dua pasar terbesar di dunia, mengarahkan sebagian besar kueri online mereka ke platform yang sama sekali berbeda, jadi berfokus pada Google saja dapat merusak visibilitas dan keuntungan usaha online kalian.
 
Di Rusia, mesin pencari terkemuka adalah Yandex yang menguasai 56% pangsa pasar. Keberhasilan ini disebabkan oleh pemahaman mesin pencari yang lebih dalam tentang bahasa Slavia. Sementara itu, Google telah diblokir di China di bawah kebijakan sensor internet negara itu. Sebagian besar pengguna China melakukan pencarian online mereka melalui Baidu, yang menguasai antara 60 hingga 77% pangsa pasar mesin pencari di China.
 
Kalian tidak boleh mengabaikan mesin telusur alternatif saat menargetkan pasar seperti ini, dan penting juga untuk mengenali setiap mesin telusur memiliki algoritme uniknya sendiri. Akan ada beberapa kesamaan misalnya, Google, Yandex, dan Baidu semuanya menghargai konten berkualitas, tetapi kalian harus menyadari perbedaannya.
 
Pengindekan bisa sangat lambat untuk Yandex dan Baidu, yang berarti perlu waktu lebih lama untuk melihat manfaat dari upaya penargetan SEO, jadi hasil jangka panjang harus menjadi prioritas. Pencarian berbayar sangat penting bagi Baidu, karena hasil berbayar lebih diutamakan daripada hasil pencarian organik. Sementara itu, Yandex masih menghargai meta keywords, metrik yang dihapus Google dari algoritme peringkatnya beberapa waktu lalu.
 
5. Terapkan hreflang tags
Hreflang tags signpost bahasa dan lokasi yang menjadi tujuan halaman web, membantu Google untuk memahami versi halaman mana yang paling sesuai untuk penggunanya. Misalnya, jika seseorang di Paris mengetik istilah penelusuran yang relevan dengan halaman produk web kita, tag hreflang memberi sinyal kepada Google bahwa versi Prancis halaman tersebut harus muncul di hasil penelusuran.
 
Untuk menargetkan pengguna seakurat mungkin, kalian harus menyertakan tag hreflang untuk bahasa dan wilayah. Misalnya, tag 'en' menunjukkan kepada Google bahwa halaman ditujukan untuk semua penutur bahasa Inggris, tetapi juga dapat menambahkan tag untuk menekankan lokasi geografis tertentu yang kalian targetkan, en-ca untuk penutur bahasa Inggris di Kanada dan en-us untuk bahasa Inggris pembicara di AS.
 
Sangat penting bagi kita untuk menggunakan kode yang benar misalnya, Inggris Raya adalah 'gb' daripada 'uk' dan generator tag hreflang seperti alat SEO Aleda Solis yang direkomendasikan oleh Moz yang dapat membantu meminimalkan kesalahan.
 
6. Mulai membangun link building yang dilokalkan
Sama seperti strategi SEO domestik lainnya, tautan sangat penting dalam membangun otoritas situs web dalam target lokal. Untuk meningkatkan brand dalam pencarian lokal, penting untuk mendapatkan tautan sumber dari platform lokal dalam industri kalian. Semakin hyperlocal, semakin baik. Misalnya, jika kalian membuka hotel baru di Jakarta, tautan dari platform perjalanan di ibu kota Indonesia akan lebih berharga.
 
Cari peluang jurnalistik dan berfungsi sebagai sumber keahlian, posting tamu di situs berpengaruh di suatu wilayah, dan gunakan saluran sosial untuk membangun koneksi dengan pemberi pengaruh dan bisnis lokal. Kalian juga disarankan untuk menggunakan penerjemah atau seseorang yang terbiasa dengan bahasa dan kebiasaan di wilayah target untuk menangani penjangkauan. Semakin kita memperluas brand di pasar sasaran, semakin web kita akan dihargai dengan high authority backlinks.

Baca Juga :

Strategi Digital Marketing Untuk Siklus Hidup Produk

Apa Perbedaan Antara Artificial Intelligence, Machine Learning Dan Deep Learning?

Daftar Keahlian Penting yang Harus Diketahui Setiap Digital Marketing

Optimasi Gambar Untuk SEO, Semua Yang Perlu Diketahui

Fungsi Tags Dan Keyword Pada Website

15 Ekstensi Chrome untuk Pemasar Maupun Digital Marketing

Faktor Apa Saja Untuk Mendapatkan Peringkat Google

Tips Untuk Strategi Kampanye Google Ads

Google Page Experience Update, Perubahan Algoritma Baru Tahun Ini

4 Cara Menggunakan Data Situs Web Untuk Menemukan Peluang Penjualan Yang Terlewat

About the Author