jasa digital marketing
digital agency
Services

Jasa Maintenance Profesional

Jadi Suka Web

Di sini, di jadi suka web kami bangga memberikan faktor WOW untuk usaha / bisnis Anda.

Apa Itu Speakable Schema Markup dan Manfaat Untuk SEO Dimasa Depan?



  • Sabtu, 10 April 2021

Google speakable schema akan berguna ketika kalian bertanya tentang topik dan berita tertentu.
Google baru-baru ini merilis spesifikasi markup baru, speakable schema, membawa teknologi digital SEO ke hal baru. Istilah speakable saat ini menunjukkan kemampuan Google Assistant untuk memberikan hasil luar biasa kepada pengguna internet yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
 
Schema SEO yang baru ini sangat berguna saat menapilkan topik dan berita tertentu yang terkait dengan produk maupun layanan jasa atau kejadian tertentu. Hasil yang dikembalikan kemudian dibaca kembali oleh Google Assistant dengan teks yang dapat diucapkan.
 
Fitur baru Google ini dimaksudkan untuk memberikan ringkasan spesifik poin-poin utama sebuah informasi produk maupun layanan.
 
 
 
Dokumentasi yang tersedia dari schema.org  menunjukkan konversi teks ke ucapan dari artikel berita dan dokumentasi online yang tersedia yang mendukung fitur baru tersebut.
 
Apa itu speakable schema markup Google?
Teknologi saat ini sedang menuju ke smartphone dan gadget ramah berbicara yang mendukung pencarian suara. Tools Google’s speakable schema markup memungkinkan setiap bisnis untuk menunjukkan bagian konten yang mendukung teknologi pencarian suara.
 
Algoritme Google baru ini akan memungkinkan bisnis untuk memilih informasi paling penting yang berkaitan dengan bisnis mereka, menyoroti konten tersebut, dan memberikan visibilitas yang lebih baik kepada audiens yang dituju.
 
Ini mirip dengan cara kerja cuplikan unggulan (featured snippets) yang hanya dikirimkan melalui voice assistant yang membacakan konten situs web kepada pengunjung.
 
Google speakable schema markup yang baru ini dalam versi beta, yang hanya dapat diakses oleh penerbit berita. Ini juga memiliki jangkauan audiens yang terbatas, sayangnya secara eksklusif untuk saat ini hanya berfungsi dengan perangkat Google Home termasuk Google Assistant.
 
Bagaimana cara kerja Google speakable schema markup?
Mirip dengan cara tradisional untuk mendapatkan peringkat situs web, mengoptimalkan pencarian suara mengharuskan kita untuk memasukkan potongan informasi penting yang ditampilkan dalam kampanye SEO web kita.
 
Artinya, bagian tertentu dari materi kampanye dapat dioptimalkan untuk penelusuran suara.
Schema membantu algoritme Google menentukan pentingnya fragmen konten yang dipilih dengan niche spesifik kata, membantunya mendapat peringkat di SERP. Konten yang dianggap relevan oleh Google, Microsoft Cortana, dan Google Home merampingkan informasi tersebut dan menemukan cara untuk membacanya kembali ke audiens yang dituju situs web.
 
Cara Google mendapatkan informasi itu didasarkan pada algoritme canggihnya. Penerbit berita, bagaimanapun, bertanggung jawab penuh untuk memilih bagian teks yang mereka ingin Google tampilkan.
 
Mesin pencari (search engine) akan menentukan seberapa relevan informasi tersebut dan bagaimana kaitannya dengan permintaan pencarian suara pengguna sebelum menyuarakannya.
 
Penyiapan Google speakable schema yang dapat berbicara saat ini hanya dapat diakses oleh penerbit berita, memungkinkan mereka untuk menyorot bagian dari fitur berita dalam pengoptimalan penelusuran suara.
 
Meskipun teknologinya masih dalam tahap awal, penerbit berita memiliki opsi untuk menyajikan jawaban paling akurat atas permintaan pengguna internet mana pun.
 
Pada awalnya, Google schema yang dapat berbicara adalah cara terbaik untuk mendapatkan informasi tentang berita terkini dan peristiwa terkini.
 
Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat konten mulai dioptimalkan untuk speakable schema. Sebagian besar dari persyaratan ini berada di bawah aturan dan kebijakan google.
 
• Topik harus fokus pada satu subjek dan alur isi artikel dengan tulisan yang dapat dimengerti dan relevan
 
• Semua informasi yang disajikan dalam publikasi harus akurat di semua aspek dan harus faktual
 
• Teks tidak boleh berisi kampanye iklan
 
• Konten tidak boleh berisi kata-kata vulgar atau perkataan yang mendorong kebencian yang ditujukan kepada seseorang atau entitas
 
• Berita harus menyertakan informasi penulis, termasuk data publikasi dan detail kontak
 
Konten yang dapat diucapkan tersedia untuk bisnis yang membuat konten tetapi saat ini terbatas pada publikasi berita. Poin yang disorot hanyalah beberapa spesifikasi untuk schemaGoogle baru untuk memastikan semua informasi baru memenuhi standar industri.
 
Bagaimana speakable schema memengaruhi SEO?
Industri teknologi terus membentuk dirinya dengan inovasi seperti fitur SEO yang dapat berbicara dari Google untuk mengakomodasi permintaan yang ada dan yang akan datang.
 
Maraknya penelusuran yang mengaktifkan suara terutama memengaruhi lanskap pengoptimalan search engine, membuatnya lebih menuntut bisnis untuk meningkatkan kinerja situs web mereka.
 
Speakable masih dalam bentuk beta, dan saat ini tidak ada efek pada performa SEO situs web. Namun seiring industri mengadaptasi penelusuran suara, kami dapat melihat kemampuan berbicara menjadi salah satu yang terdepan dalam peringkat alat Voice Assistant.
 
Dengan demikian, speakable schema akan berdampak besar pada cara kita menggunakan internet dan mencari informasi. Kesulitan ini juga akan menjadi beban lain bagi beberapa perusahaan saat mereka mulai memikirkan cara memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan mereka.
 
Semakin banyak perusahaan akan menyempurnakan konten situs web mereka, sehingga mengadopsi fitur ramah suara dari Google. Ini memerlukan restrukturisasi konten saat ini dan mengalihkan opsi pasar mereka untuk menyertakan gadget dan perangkat yang mendukung pencarian suara.
 
Bagaimana cara mempersiapkan bisnis Anda untuk speakable schema markup?
Sementara itu, speakable masih dalam tahap awal. Raksasa teknologi itu terus menguji dan semakin meningkatkan  schema markup yang dapat berbicara untuk memperkuat kemampuannya. Meskipun demikian, tidak akan lama sebelum perusahaan, dan situs web mereka mulai merasakan pengaruhnya.
 
Menjadi yang terdepan dalam persaingan SERP Google akan memberi perusahaan kita peluang yang lebih baik untuk mendapatkan posisi teratas mengingat situs web setara dengan tuntutan algoritme terbaru dari sebagian besar search engines.
 
Berikut adalah praktik terbaik untuk diterapkan sehingga konten situs web kita memenuhi tuntutan SEO di masa mendatang atau menyewa jasa SEO (jadisukaweb) untuk membuatnya lebih mudah:
 
• Buat pernyataan yang koheren dan percakapan di situs web kita yang relevan dengan niche bisnis. Ini akan membantu tetap terdepan dengan teknologi tipe speakable dan memudahkan kita untuk menentukan informasi mana yang secara efektif menyampaikan kepada audiens yang kalian tuju.
 
• Menggunakan kalimat pendek dan mudah dimengerti membuatnya dapat diterima oleh pengunjung website. Ingatlah bahwa kebanyakan orang hanya memiliki rentang perhatian satu menit, dan kita ingin menangkap audiens dalam jangka waktu singkat itu untuk mendapatkan minat mereka.
 
• Menulis dengan nada suara percakapan adalah cara terbaik untuk menjangkau pengunjung situs web yang lebih luas. Kita ingin audiens memahami sepenuhnya apa yang kalian tawarkan, jadi pernyataan singkat, singkat, dan sederhana akan membuat mereka terpaku pada apa yang kalian berikan.
 
Bagaimana menggunakan speakable markup?
Untuk mulai menggunakan kesesuaian TTS (Text-to-Speech ) dari Google’s speakable schema, kita harus mengikuti empat persyaratan penting yang ditetapkan oleh search engine.
 
1. Mengikuti semua pedoman, termasuk sisi teknis, konten, webmaster, dan protokol data terstruktur, adalah titik awal untuk mengaktifkan kemampuan pemutaran audio teks di website.
 
2. Sertakan semantik data terstruktur Google yang dapat diucapkan ke dalam kode halaman web.
 
3. Uji dan setujui data terstruktur yang kalian pilih
 
4. Kirimkan konten untuk kelayakan dan proses 

Apa manfaat speakable schema markup?
Ada banyak manfaat yang tak terbantahkan dalam menggunakan platform schema terbaru Google. Meskipun speakable SEO tersedia untuk penerbit online, untuk saat ini, ekspansi di masa depan akan mencakup hampir setiap bisnis dengan situs web.
 
Di antara beberapa manfaat menggunakan speakable schema meliputi:
 
• Ada peluang yang lebih baik untuk meningkatkan posisi peringkat SERP
 
• Speakable schema meningkatkan kesadaran akan merek (brand awareness)
 
• Ini meningkatkan rasio klik-tayang (CRT = click-through-rates ) situs web
 
• Posisikan situs web kita untuk Google Assistant dan pencarian suara Amazon Alexa
 
• Tingkatkan pengikut media sosial situs Anda
 
• Beri audien kita sekilas tentang apa yang ditawarkan tanpa melihat layar perangkat mereka.

Tergantung pada market niche, speakable schema Google yang akan datang menawarkan bisnis kita dengan keuntungan terkait. Ini termasuk mendapatkan lebih banyak penayangan untuk web musik dan video, mendapatkan lebih banyak pengunjung di halaman web, atau meningkatkan popularitas produk atau layanan tertentu.
 
Tetapi semua manfaat ini adalah apa yang dapat kami ramalkan di masa depan. Faktanya adalah, Google’s speakable schema masih dalam konsep yang mudah, dan tidak jelas apakah raksasa teknologi itu akan menampilkan fitur tersebut secara langsung. Versi Beta dari algoritme baru sudah memungkinkan publikasi berita membaca informasi unggulan dari halaman web.
 
Kesimpulan
Masa depan speakable markup bergantung pada bagaimana kalian semua akan menerimanya. Adaptasi schema baru berarti perluasan di luar cakupannya saat ini untuk menyertakan semua aspek web. Selain itu, aspek pasar atas schema baru ini hanya akan di publish tergantung pada seberapa universal markup digunakan.
 
Dan saat penelusuran suara (voice search) menjadi metode yang diterima untuk mencari informasi di web, kita mungkin melihat Google mendorong schema baru ke hubungan timbal balik yang ada.
 
Terlepas dari apakah perubahan mesin pencari ini dilihat sebagai ancaman terhadap metode yang ada atau peluang untuk kemajuan, kita semua kedepannya dapat melihatnya sebagai jawaban atau masalah atas perubahan kebutuhan pengguna internet. Hal ini menuntut google membuat analisa dalam versi beta.

Baca Juga :

Pemasaran Lintas Saluran atau Cross Channel Untuk UKM dan UMKM

10 Jenis Pemasaran Digital Yang Harus Anda Ketahui Dan Pertimbangkan Untuk Strategi Pemasaran Anda.

Tips Untuk Strategi Kampanye Google Ads

Apa Manfaat Penelusuran Suara Terhadap SEO Untuk Bisnis

Faktor Apa Saja Untuk Mendapatkan Peringkat Google

Apa Perbedaan Antara Artificial Intelligence, Machine Learning Dan Deep Learning?

Bagaimana Strategi Pemasaran Melalui Konten Video Youtube

Cara Membuat Website 5 Langkah Terbaik Gratis

4 Langkah Meningkatkan Keamanan Website Untuk Strategi SEO

Pengalaman Pengguna UX, Faktor Peringkat SEO yang Paling Penting

About the Author