jasa digital marketing
digital agency
Services

Jasa Maintenance Profesional

Jadi Suka Web

Di sini, di jadi suka web kami bangga memberikan faktor WOW untuk usaha / bisnis Anda.

Profesional Digital Marketing, Mengapa Harus Peduli Dengan Strategi Jenis Konten?



  • Rabu, 14 April 2021

Ada begitu banyak konten di luar sana, sekarang Google telah mewajibkan kreasi konten berkualitas untuk peringkat teratas di mesin pencarian (search engine). Ini berarti bahwa membuat konten yang bagus hanya menyelesaikan setengah dari masalah, pekerjaan sebenarnya adalah membuat konten tersebut diperhatikan oleh audiens yang tepat pada waktu yang tepat, yang sangat penting jika bisnis akan mencapai tujuannya.
 
Menerapkan strategi konten adalah bagian dari konten marketing yang berkaitan dengan mendorong blog, artikel, infografis, halaman web, dan konten / pesan lainnya ke platform penemuan.
 
Platform ini termasuk situs media sosial, search engine dan jaringan dengan lalu lintas tinggi lainnya, di mana audiens target kita akan tertarik oleh informasi, produk maupun layanan jasa yang kita berikan, datang untuk melihat konten dengan harapan mudah-mudahan mengkonversi melalui CTA (calon prospek) untuk membantu kita mencapai tujuan bisnis.
 
Manfaat Tools amplifikasi konten
 
Amplifikasi konten memberikan manfaat besar bagi semua orang yang terlibat. Berikut ini hanyalah beberapa contoh:
 
• Untuk pemasar : memberikan sesuatu yang berharga kepada audiens target, memungkinkan pemasar untuk secara diam-diam mengembangkan hubungan / keterlibatan yang berarti dengan audiens, yang menghasilkan ROI yang lebih tinggi daripada menggunakan iklan konvensional.
 
• Untuk konsumen : Amplifikasi konten yang efektif menempatkan konsumen di pusat kendali mengenai apa yang dia pilih serta apa yang merka iginkan untuk digunakan maupun dikonsumsi sambil secara bersamaan menambah sebuah nilai dan mengatasi masalah dan jawaban dari apa yang mereka butuhkan.
 
• Untuk bisnis : Terlibat secara tidak langsung dengan konsumen dalam hal memecahkan masalah, kebutuhan dan menjawab melalui konten adalah cara yang bagus untuk membangun kesadaran akan merek (brand awareness), menarik tautan, dan karenanya meningkatkan traffic dan tingkat konversi (action) yang pada akhirnya akan meningkatkan perolehan pendapatan.
 
Mengapa kita harus peduli dengan amplifikasi konten?
 
Langkah pertama untuk mempelajari amplifikasi konten yang efektif adalah menerima kenyataan pahit berikut:
 
Konten kita tidak istimewa 
 
Ya, kita membuat konten yang luar biasa, mendalam, dan diartikulasikan dengan baik, tetapi begitu pula dengan miliaran situs lain di Internet. Tidak peduli seberapa bagusnya, kita memerlukan promosi aktif agar pekerjaan kita ini ditampilkan di hadapan audiens yang tepat atau penting. Pertimbangkan ini, hanya dalam 24 jam, ada lebih dari 4 miliar posting Facebook baru, hampir 500K posting Web baru, lebih dari 100K jam Video baru di YouTube dan lebih dari 144,8 miliar posting baru.
 
Konten hebat TIDAK mempromosikan dirinya sendiri karena prestasi, ini adalah kesalahan terbesar dalam konten marketing.
 
Kita tidak istimewa
 
Kecuali kita adalah Justin Bieber, Buzzfeed, Wall Street Journal, atau The Oatmeal, kita tidak memiliki penonton dan penggemar yang bergantung pada setiap kata-kata maupun ucapan - kecuali kita terus berusaha bekerja untuk melakukannya. Kecuali jika kita memiliki jenis pengikut, reputasi, dan sumber daya yang mereka miliki, kita tidak akan melangkah terlalu jauh hanya dengan mendorong peminat untuk melihat, membaca, mendengar, menonton atas konten yang kita bikin.
 
Kebenaran yang buruk adalah bahwa orang peduli tentang siapa yang menulis sebuah karya, bahkan lebih dari karya itu sendiri. Itulah mengapa bahkan konten mengerikan dari influencer yang tepat bisa menyebar seperti kilat. Tetapi bagi kami semua, kita harus bekerja ekstra keras untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas sebelum konten kita memiliki peluang untuk mendorong ketertarikan.
 
Berbagi adalah tujuan kita yang paling kecil
 
Sasaran kita dimulai dengan apa yang terjadi setelah konten dibagikan - prospek, tautan, langganan, kesadaran akan merek, penjualan, dll. Pada akhirnya, kita ingin memastikan konten itu tidak hanya menjangkau banyak orang, tetapi juga sekelompok orang yang tepat. Untuk itu perlu promosi yang aktif dan strategis.
 
Pengantar Pembuatan Konten
 
Dasar dari amplifikasi konten adalah pembuatan konten. Langkah pertama adalah bekerja dalam membuat konten yang hebat, bertarget, relevan, dan bernilai tambah yang akan menjadi dasar strategi penguatan konten kita.
 
Jenis konten
 
Ada banyak jenis konten yang dapat kita tulis, dan kita perlu mempelajari sebanyak mungkin jenis yang berbeda untuk memenuhi demografis yang lebih luas, bahkan dalam segmen audiens target. Kita tidak harus melakukan semuanya sekaligus, tetapi kita harus takut menjelajah ke hal atau bidang baru hanya karena hal itu baru bagi kita. Buat jadwal untuk merencanakan seberapa sering kalian akan membuat berbagai jenis, dan pertahankan untuk kategori variasi ke web.
 
Di bawah ini hanya beberapa contohnya:
 
1. Infografis - ini adalah representasi visual dari data / informasi, dan ini sangat populer di seluruh dunia karena memadatkan banyak informasi menjadi angka dan statistik yang sederhana dan dapat diinterpretasikan. Infografis dibagikan hingga tiga kali lebih sering dari jenis konten lainnya.
 
2. Meme - ini mudah dibuat, lucu, dan berpotensi besar untuk viral. Namun, mereka lebih diarahkan ke audiens sosial daripada untuk website.
 
3. Video dan podcast - ada banyak pilihan konten video, tetapi kuncinya adalah memastikan video berkualitas baik dan disampaikan dengan ringkas dan mudah diingat. Video bisa menjadi sangat persuasif jika dilakukan dengan baik.
 
4. Panduan dan cara melakukannya - karya mendalam, terperinci, praktis dengan teks dan gambar yang relevan. Elemen visual penting untuk meningkatkan pemahaman jenis konten ini.
 
5. Review produk - opini tentang berbagai produk yang akan membuat orang-orang di niche kita tertarik. Bagikan aspek baik dan buruk, dan mengapa mereka masuk ke daftar kalian, yang memberikan pemahaman yang lebih baik tentang apa , mengapa dan bagaimana atau Ask-me-anything.
 
6. Pos opini - ini sangat efektif dalam membangun diskusi dan keterlibatan, tetapi harus digunakan dengan sangat hati-hati. Pastikan penelitian yang komprehensif untuk menghindari kesalahan yang berakibat kehilangan kredibilitas dengan audiens.
 
Tools dan sumber yang berguna untuk pembuatan konten
 
Membuat konten tidak harus melelahkan lagi, Ada banyak cara, tools, dan sumber informasi untuk mendapatkan konten berkualitas tanpa merusak reputasi kita. tools amplifikasi konten ini juga dapat membantu saat mengerjakan konten berbasis visual, yang merupakan masalah utama bagi kebanyakan orang.
 
Untuk penelitian
 
1. Google Drive Research Tool - membantu kita melakukan pencarian Google saat berada di window Google Drive.
 
2. Situs : pencarian - ini adalah pilihan pencarian Google yang membatasi hanya untuk situs web tertentu. Rumus penelusuran situs adalah "site: domainexample.com [kueri penelusuran]"
 
3. Google Search Console - sebelumnya tools Webmaster Google, GSC berguna untuk analisa data yang terkait dengan SEO dan penelitian kata kunci.
 
Untuk menulis dan mengedit
 
1. Evernote - versi gratisnya sangat membantu untuk segala hal mulai dari pembuatan daftar tugas hingga menulis seluruh konten artikel dan pengeditan. Ini juga tersedia sebagai aplikasi mobile yang memungkinkan kita menyinkronkan pekerjaan di seluruh perangkat.
 
2. Word2CleanHTML - berguna bagi mereka yang membuat draf pada Word dan perangkat lunak pengolah kata selain CMS. Tools ini membantu memfilter dan memperbaiki masalah yang terjadi pada HTML saat konten disalin dari CMS (Content Management System).
 
3. Grammarly dan Correctica - kalian memerlukan tools tata bahasa untuk memeriksa konten sebelum dipublikasikan. Kedua tools tersebut gratis, dan Grammarly bahkan dapat memeriksa plagiarisme.
 
4. Write My Essay - didedikasikan untuk menyediakan semua layanan yang terkait dengan pembuatan konten, jika kalian ingin melakukan outsourcing pembuatan konten daripada melakukannya sendiri.
 
19 Tools untuk Membuat Amplifikasi Konten jauh lebih mudah
 
Setelah kita memiliki konten berkualitas, sekarang siap untuk memulai analisa konten. Di bawah ini adalah 25 tools yang dapat digunakan agar konten diperhatikan oleh pengunjung yang tepat:
 
 Contently dapat kalian gunakan untuk keahlian menulis.
 
Buzzstream dapat kalian gunakan untuk konten marketing B2B (Business to Business), dan memungkinkan amplifikasi konten melalui media sosial, PR, dan link akuisisi. Ini populer digunakan oleh bisnis besar dan kecil untuk memulai penjangkauan, membangun kredibilitas, dan melacak komunikasi di seluruh platform online.
 
3. Cision
Paket konten marketing oleh Cision ditujukan untuk situs web tingkat atas dengan audiens yang terlibat (engaged audiences) untuk mengarahkan traffic ke konten dan meningkatkan eksposur brand. Ini adalah tools yang mudah digunakan untuk peningkatan strategi kampanye PR. Tim pemasaran B2B dapat menggunakan Tools ini untuk menjangkau sebanyak mungkin audiens dengan menargetkan channel yang sering dikunjungi oleh calon pelanggan.
 
4. Edgar
Aplikasi Edgar dimaksudkan untuk menawarkan visibilitas yang dioptimalkan untuk posting bisnis di media sosial. Mengingat bahwa sebagian besar pembaruan hanya akan dilihat oleh sebagian kecil pengikut, aplikasi Edgar diatur untuk secara otomatis memposting ulang konten yang diarsipkan, dan menggunakan analisis algoritme untuk menjadwalkan posting pembaruan pada waktu tertentu yang paling optimal.
 
5. Buffer
Buffer adalah tools untuk manajemen media sosial dan populer sebagai tools yang mudah untuk profil LinkedIn, Facebook dan Twitter dll. Menggunakan Buffer, dapat mengatur waktu untuk posting media sosial, yang memungkinkan kita untuk memposting pada waktu yang optimal untuk pengikut yang berada di zona waktu yang berbeda.
 
6. Storify
Tools ini membantu kita mengumpulkan konten dari media sosial, halaman, dan blog di seluruh web ke dalam satu lokasi. 
 
7. Listly
Listly sangat berguna untuk mengiklankan konten dengan berbagi, menerbitkan, dan mendaftar untuk membantu pengguna mendapatkan akses cepat ke informasi dan tautan yang relevan dan terkait. Ini adalah sumber daya yang dimiliki secara luas untuk konten marketing, sebagian besar karena kemampuannya untuk menghubungkan audiens dengan informasi yang relevan dan menarik.
 
PR Newswire secara khusus ditujukan untuk konten yang layak diberitakan, sebagai sumber berita otoritas tinggi. Ini menawarkan pelanggan video up-to-menit, siaran pers, audio dan gambar untuk membantu mereka tetap terkini. Selain itu, berguna untuk distribusi konten dan untuk meningkatkan visibilitas sosial pembaruan dan konten terjadwal.
 
Ini adalah aplikasi discovery konten yang dimaksudkan untuk merekomendasikan konten kalian ke situs web pihak ketiga terkait dengan otoritas / kualitas tinggi. Ketika pengunjung mengklik konten, itu akan dilihat melalui YouTube, media sosial, situs kalian atau situs pihak ketiga lainnya. 
 
10. Gravitasi
Aplikasi distribusi konten yang dimaksudkan untuk menciptakan pengalaman web yang dipersonalisasi bagi pengunjung. Ini dilakukan dengan menggunakan teknologi Grafik Minat mereka, yang mengatur konten sesuai dengan minat yang terkait. Ini menganalisis konten dan hanya menampilkannya kepada pembaca yang menarik dalam bentuk dukungan yang dipersonalisasi. Mereka juga memiliki ekstensi browser gratis untuk pembaca yang merekomendasikan konten kalian saat mereka berinteraksi dengan bagian lain di web.
 
11. Zemanta
Tools yang memungkinkan untuk pengindeksan konten, yang kemudian didistribusikan dalam bentuk iklan in-stream, rekomendasi yang dipromosikan, konten bersponsor, dan tautan dalam teks di situs pihak ketiga pilihan berkualitas. Ini mencakup dasbor dengan analitik pada kinerja dan kemanjuran konten dan mencocokkan tampilan konten dengan minat viewer.
 
Aplikasi ini memungkinkan distribusi dan pengukuran konten. Tools analis ini menawarkan wawasan tentang kinerja konten waktu tertentu, dengan waktu prediksi untuk menentukan mana waktu yang cenderung berkinerja dengan baik. 
 
13. Triberr
Ini adalah jejaring sosial influencer dan blogger, yang dikelompokkan menurut minat. Member bergabung dan dapat berbagi konten dengan grup untuk mendorong berbagi sosial dan komentar. 
 
Aplikasi Marketing media sosial yang membantu mendistribusikan konten dengan pelanggan, karyawan, dan mitra. Sebuah grup dikumpulkan dan mereka setuju untuk membagikan konten yang berasal dari perusahaan dalam akun sosial mereka. Ini juga menawarkan analitik aktivitas sosial yang kuat, termasuk informasi ROI tentang traffic, keterlibatan, dan perolehan pendapatan.
 
15. Zapier
Zapier menyediakan satu platform yang menghubungkan semua aplikasi web, tempat kita dapat mengotomatiskan dan mengkoordinasikan tugas. Lebih dari 300 aps didukung, dan kemudian kita dapat mengatur kejadian dan pemicu otomatis (disebut Zaps). 
 
16. AddThis
AddThis memberi administrator situs web kesempatan untuk membangun traffic dengan mempermudah pengguna untuk berbagi konten. Ini memberikan peningkatan keterlibatan audiens dengan pengguna yang tidak ada di situs, dan memungkinkan distribusi konten di sebagian besar jejaring sosial dan platform pihak ketiga.
 
Ini adalah solusi komprehensif yang memungkinkan pengguna situs berbagi konten dengan jaringan mereka melalui sejumlah saluran, termasuk email, IM, SMS, dan media sosial. Ini juga memberikan wawasan dan analitik waktu untuk kecerdasan sosial yang dibutuhkan oleh penerbit konten, pengembang, dll.
 
Platform pemasaran email / berbasis web gratis / premium yang memungkinkan berbagi konten melalui buletin email. Ada templat yang telah dirancang sebelumnya untuk pembuatan buletin sehingga lebih mudah digunakan. 
 
Dasbor jaringan sosial gratis / premium ini memungkinkan pengelolaan berbagai platform dan profil sosial serta mengukur kinerja konten yang dibagikan ke berbagai platform. 

Baca Juga :

Pemasaran Lintas Saluran atau Cross Channel Untuk UKM dan UMKM

5 Cara Meningkatkan CTR SEO Organik

5 Cara Menggunakan ML untuk Digital Marketing

10 Tren Penting 2021 SEO yang Harus Diketahui

5 Cara Hebat Desain Web Responsif Untuk SEO

Profesional Digital Marketing, Mengapa Harus Peduli Dengan Strategi Jenis Konten?

Tren Strategi Pemasaran Online

Tips Untuk Strategi Kampanye Google Ads

Google Analytics Membantu Anda Filter Spider dan Bot Pengunjung

Online Marketing Mix Pada Contoh Situs B2C, B2B, C2C Dan C2B

About the Author