jasa digital marketing
digital agency
Services

Jasa Maintenance Profesional

Jadi Suka Web

Di sini, di jadi suka web kami bangga memberikan faktor WOW untuk usaha / bisnis Anda.

Daftar Keahlian Penting yang Harus Diketahui Setiap Digital Marketing



  • Kamis, 15 April 2021

Digital marketer sangat luas, dan mungkin sulit dinavigasi bagi pendatang baru atau mereka yang ingin menemukan nich pasar saat ini. Jadi, bagaimana membedakan diri kita dengan pesaing?
 
Lihat beberapa keterampilan atau skills penting ini untuk membuat kalian tetap relevan dalam industri digital marketing yang terus berubah.
 
1. VIDEO
Video saat ini mengambil alih dunia internet dan ini tidak akan berhenti. Menurut hasil analisa, video berpotensi menarik perhatian pelanggan di website ritel selama dua menit lebih lama dari rata-rata (yang benar-benar seperti seumur hidup di dunia digital) dan video yang dioptimalkan dengan baik dapat meningkatkan peluang untuk berada di peringkat teratas Google posisi setidaknya 50. Selain itu, lebih dari 80% pelanggan cenderung membeli produk setelah melihatnya secara mendetail melalui sebuah konten video.
 
Ingatlah bahwa ini hanyalah data statistik yang akan bervariasi tergantung pada siapa video akan kalian tanyakan, tetapi intinya adalah bahwa sebagian besar statistik menunjukkan konversi, keterlibatan, dan peringkat SEO yang jauh lebih tinggi dalam hal video.
 
Apa yang membuatnya begitu menarik? Karena itu sifatnya pribadi. Ketika orang dapat melihat wajah kamu (atau wajah orang yang mempromosikan branding), mereka lebih cenderung mempercayai sebuah usaha maupun perusahaan itu. Ini juga merupakan konten yang sangat serbaguna untuk digunakan melalui berbagai platform.
 
Digital Marketing Profesional tidak harus tahu segalanya tentang pembuatan video, tentu saja, tetapi mengetahui cara membuat video intro cepat dari laptop kalian adalah tempat yang baik untuk memulai. Dan jika kalian memiliki beberapa pelatihan di bidang ini dan kalian juga  menyukainya, keterampilan dan bakat membuat konten video tidak akan sia-sia karena video akan terus diminati.
 
Jika kalian ingin mempelajari lebih lanjut melalui pembelajaran autodidak atau sebutan lainnya yaitu swasiswa (dari bahasa Yunani autodídaktos = "belajar sendiri"), kalian dapat mencoba software pengeditan video seperti Apple Final Cut Pro X atau Adobe Premiere Pro.
 
2. SEO & SEM
Search Engine Optimization (SEO) adalah kunci untuk semua tingkat online marketing dan oleh karena itu, siapa pun yang terjun ke bidang ini harus memiliki setidaknya pegangan dasar untuk menjalankan strategi SEO. Kalian juga dapat menyerahkan hal-hal yang sangat teknis dan back-end kepada orang-orang yang lebih berorientasi teknis di tim, memiliki pemahaman yang kuat tentang praktik terbaik dan cara mengoptimalkan semua bentuk konten sangat penting untuk menjalankan kampanye digital marketing yang sukses.
 
Baik SEO dan Search Engine Marketing (SEM) menginformasikan seluruh strategi digital pada tingkat data dan konten, dan kalian juga harus dapat berkomunikasi dengan rekan tim lain tentang hal ini, jadi strategi ini tidak akan berhasil jika kalian tidak mempelajari dasar-dasarnya.

3. KONTEN MARKETING
Konten adalah inti dari strategi marketing online dan konten marketing akan terus menjadi bagian penting dari permainan apa pun yang terjadi. Tapi konten marketing merupakan pekerjaan besar untuk membuat pasar tertarik. kalian harus dapat memahami bagaimana tidak hanya membuat konten berkualitas tinggi yang SEO-friendly dari berbagai jenis, tetapi juga harus memahami cara efektif bagaimana menarik audiens untuk dapat terlibat.
 
Dan untuk membuat hal-hal sedikit lebih menantang, penting untuk dicatat bahwa konten dapat memiliki banyak bentuk, dari video hingga sosial media, email, konten web, blog, e-book, video, whitepaper…. kalian juga harus memiliki pemahaman yang kuat tentang sosial media marketing karena ini akan terkait dengan sebagian besar jenis pekerjaan konten marketing. Kalian harus dapat menyusun strategi berdasarkan tujuan bisnis klien tertentu, mengembangkan kampanye yang melibatkan strategi yang efektif, dan juga memantau perkembangan analis.
 
4. DATA / ANALYTICS
 Apa pun aspek digital marketing yang pastinya kita tuju yaitu, Google Analytics mungkin akan menjadi pusat strategi kita. Pemantauan dan pelaporan melalui tools semacam itu cukup mudah, tetapi bagian yang sulit adalah cara mengumpulkan dan menggunakan informasi tersebut untuk membantu kita mempelajari lebih lanjut tentang perilaku konsumen dan menerapkannya ke solusi baru yang meningkatkan traffic dan konversi.
 
Sebagian besar bisnis (bahkan yang kecil) memiliki data dalam jumlah besar untuk dilacak, dan digital marketing yang hebat perlu memahami cara mengumpulkan dan menggunakan ini untuk keuntungan client. Sebagian besar perusahaan akan selalu mencari orang-orang yang hanya tahu bagaimana “membaca” data ini, tetapi mengetahui dengan tepat data mana yang akan digunakan untuk meningkatkan strategi bisnis di masa depan tidak semua orang menguasai hal ini. Jika kita dapat menunjukkan bahwa kita dapat melakukan ini dengan cara yang inovatif dan cara kita melakukannya, ini akan berakhir dengan hasil data yang penting, digital marketing seperti ini  akan menjadi aset berharga dalam sebuah industri maupun perusahaan.
 
5. MEMAHAMI PEMIKIRAN & PERENCANAAN BERBASIS DESAIN
Design Thinking adalah istilah yang pada dasarnya mengacu pada cara mendekati masalah dari perspektif yang berpusat pada pengguna. Pendekatan ini pada dasarnya mendorong kita untuk berpikir dengan cara yang berpusat pada manusia ketika memecahkan masalah kompleks berskala besar.
 
Ada Lima Fase Kunci Untuk Proses Design Thinking 
 
 
a. Berempati (empathize)
b. Mendefinisikan (define) 
c. Mengidealkan (ideate)
d. Membuat prototipe (prototype)
e. Menguji (test)
 
Alasan mengapa ini bekerja dengan sangat baik di bidang digital marketing adalah karena sebagian besar (atau seharusnya) berpusat pada pengalaman pengguna. Hal menarik lainnya tentang pendekatan ini adalah bahwa pendekatan ini dapat digunakan dengan cara non-linier - sehingga dalam beberapa kasus kita dapat mencapai tahap pengujian dan kemudian kembali ke tahap berikutnya, misalnya, untuk mempertimbangkan kembali ide.
 
Desainer dan pengembang cenderung menggunakan pendekatan seperti ini, jadi meskipun kita bukan termasuk salah satunya, ada baiknya untuk setidaknya memiliki pemahaman yang kuat tentang hal ini dan menerapkannya jika memungkinkan.

6. JADILAH AHLI TEKNOLOGI
Karena industri digital marketing ini benar-benar didorong oleh teknologi, kita wajib dan harus menguasai teknologi serta dapat mempelajarinya dengan cepat. Jika kita berusia milenial atau lebih muda, ini mungkin akan menjadi kebiasaan, tetapi generasi yang lebih tua mungkin ingin memberikan sedikit perhatian untuk mengajari diri mereka sendiri tidak hanya teknologi tertentu tetapi juga hanya membiasakan diri dengan perangkat lunak yang paling umum digunakan. dan tools yang tepat di gunakan untuk dapat fokus.
 
Secara umum, jika kita memahami dasar-dasar web coding, serta memiliki gagasan yang jelas tentang cara menggunakan Content Management systems (CMS), kemungkinan besar kalian sedang dalam perjalanan untuk mendapatkan pekerjaan impian itu (digital marketing).
 
7. BERSIKAPLAH PERSUASIF
Seorang pemimpin digital marketing  yang hebat tidak hanya akan muncul dengan keterampilan orang yang hebat; tetapi mereka juga akan dapat menggabungkan pemikiran analitis dengan pemecahan masalah secara kreatif untuk membantu tim menghasilkan ide kampanye inovatif untuk memajukan bisnis client kita.
 
Dan sebagian besar dari ini adalah persuasif. Bisakah kita meyakinkan orang lain untuk membeli? Bagaimana dengan meyakinkan pemimpin tim lain bahwa ide kita adalah yang terbaik? Ini bukan tentang berdebat sebanyak memiliki keyakinan bahwa kita tahu apa yang dilakukan dan menunjukkannya secara mendetail.
 
8. HIGHLIGHT KETERAMPILAN YANG TIDAK BIASA
Sejauh soft skill berjalan, digital marketing yang hebat harus berjiwa penasaran, menikmati keragaman, berpikiran maju, fokus pada bisnis, dan berpusat pada strategi. Tetapi ada banyak ruang di bidang ini untuk semua jenis kepribadian dan keahlian. Untuk tujuan ini, penting bagi kita untuk memanfaatkan keterampilan unik kita sendiri agar tetap kompetitif di industri ini.
 
Mungkin, misalnya, tidak biasa menemukan seseorang yang ahli dalam strategi SEO back-end serta dapat mengambil peran manajerial, atau mungkin tidak biasa menemukan seseorang dengan gelar ilmu komputasi yang juga menyukai sosial media.
 
9. CONVERSION RATE OPTIMIZATION (CRO) 
Inti dari digital marketing harus mengarahkan traffic ke situs web dan mengonversi lalu lintas itu ke pelanggan. CRO adalah seni menguji berbagai halaman situs web, menyalin, dan ajakan bertindak (CTA =call to action) untuk melihat mana yang mengonversi yang terbaik. Ini menggabungkan seni website design, copywriting, dan pengalaman pengguna (UX = user experience). Sebagai digital marketer, kita harus memahami cara melakukan pengujian A / B, dan mahir menggunakan tools seperti Optimizely untuk membantu penelitian data analis.

10. EMAIL MARKETING & NEWSLETTERS
Banyak yang mengajukan pertanyaan, "Apakah email marketing sudah mati?" Aku di sini untuk memberitahumu, ternyata tidak. Semua orang masih membaca email. Ini masih cara yang sangat efektif untuk menjangkau pelanggan. Setiap produk maupun jasa akan memiliki konten yang ingin mereka distribusikan - email Newsletters adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan basis pengguna email untuk memperluas jangkauan konten.

11. SOSIAL MEDIA MARKETING
Hampir sepertiga populasi saat ini menggunakan beberapa jenis platform media sosial dan 97 persen dari pangsa pasar global perusahaan menggunakan sosial marketing. Ini membuat pemasaran media sosial menjadi keahlian yang tak ternilai dalam menggunakan tools digital marketing toolbox.
 
Ada lebih banyak untuk pemasaran media sosial dari sekedar posting di Facebook. Kalian harus tahu cara menghasilkan keterlibatan pengguna di semua platform, copywrite, membuat iklan, membuat visual, dan menganalisis jangkauan dan keterlibatan (engagement). Kita juga perlu memahami semua perubahan cepat pada setiap platform (Update) dan kapan harus menggunakan platform yang berbeda untuk tujuan bisnis internal yang berbeda.

12. MENULIS & MENGEDIT
Ini mungkin keahlian paling penting yang harus dimiliki sebagai digital marketer, Saya tidak berpikir ada satu pekerjaan yang saya miliki di dunia digital marketer di mana saya tidak perlu menulis dan mengedit. Karena pentingnya konten marketing, kita akan dapat mencapai karier digital marketing yang sangat baik jika kita tahu apa yang membuat postingan blog yang bagus, cara mencari dan menulis konten yang bagus, dan cara mengubah konten yang buruk menjadi konten yang baik. Dan juga. kalian harus tahu bagaimana menggunakan bantuan tools copywriting seperti AP Styleguide.
 
Menurut Wikipedia, copywriting adalah tulisan yang dibuat oleh seorang writer tujuannya disebarkan untuk kepentingan komersil. Contoh copywriting banyak digunakan untuk iklan pada website, landing page, televisi, majalah, koran dan media lainnya.


Kesimpulan
Seorang profesional digital marketing yang hebat akan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat dan belajar sendiri, bahkan siap untuk beralih ke karir digital yang berbeda sesuai pilihan mereka atau sesuai kebutuhan jika keterampilan lama menjadi kurang diminati. Mereka akan bekerja dengan berbagai strategi dan klien, jadi mereka harus tahu cara berkomunikasi dengan baik dan membangun strategi yang kuat.
 
Meskipun ada sejumlah hal yang harus dilakukan untuk menjadi kompetitif di bidang karir digital marketing, penting untuk tidak melupakan tentang memanfaatkan dan meningkatkan keterampilan hard  dan soft skills saat kita bergerak maju ke posisi baru yang menarik. Memiliki pengetahuan dasar yang luas serta kedalaman dalam beberapa bidang.
 
Pelajari spesialisasi digital marketing yang utama dan Profesional dalam menjalankan strategi Pemasaran.
 
Kuasai semua dari 12 keterampilan pertama dan gabungkan dengan perpaduan sempurna antara strategi kreatif dan analitis, dan kalian akan menjadi digital marketer yang akan dicari client.

Baca Juga :

Kelebihan dan Kekurangan SEM dan SEO

Pemasaran Multi Channel, Omni Channel, Cross Chanel dan Marketing Hub Tidaklah Sama

6 Tips SEO Internasional yang Harus Diketahui

Platform Pemasaran Menggunakan Chatbot Bertenaga AI Untuk Tanya Jawab

Tips Untuk Strategi Kampanye Google Ads

Google Analytics Membantu Anda Filter Spider dan Bot Pengunjung

Panduan Pemula untuk Pemasaran Melalui Email yang Berhasil

Optimasi Gambar Untuk SEO, Semua Yang Perlu Diketahui

10 Tips SEO Sederhana Namun Efektif

5 Cara Menggunakan ML untuk Digital Marketing

About the Author