jasa digital marketing
digital agency
Services

Jasa Maintenance Profesional

Jadi Suka Web

Di sini, di jadi suka web kami bangga memberikan faktor WOW untuk usaha / bisnis Anda.

7 Fitur Google Analytics yang Sering Diremehkan



  • Selasa, 27 April 2021

Google Analytics digunakan untuk melacak dan menganalisis kinerja situs web. Namun, ada beberapa fitur Google Analytics yang diremehkan yang membantu meningkatkan kinerja.
 
Google Analytics adalah produk analisis web dari Google yang telah membantu banyak pemasar maupun digital marketing dan pemilik situs web memastikan kinerja situs web mereka. Sekitar 29 juta situs web menggunakannya sebagai alat analitik. Banyak fitur Google Analytics hanya diketahui oleh beberapa pemasar.
 
Banyak orang terburu-buru untuk memeriksa bagaimana tampilan halaman yang mereka dapatkan selama periode waktu tertentu atau berapa banyak percakapan yang mereka dapatkan. Bagi orang-orang ini, hanya itulah yang dapat dilakukan tools hebat ini untuk mereka dari google. Tapi jauh lebih dari itu.
 
Ada beberapa fitur yang dimiliki yang dapat membantu meningkatkan kinerja situs web tetapi diremehkan.
 
Apakah kalian mendengar ini untuk pertama kalinya? Jangan khawatir itu sebabnya saya di sini dan bagian ini akan membahas tujuh di antaranya dan bagaimana mereka dapat membantu situs web kita.
 
1. Custom alert / Notifikasi Khusus
 
Fitur Google Analytics ini dapat ditemukan saat kita masuk ke laporan dan klik  'penyesuaian / customization'. Saat di set up, kita akan diberi tahu oleh google melalui email ketika ada perubahan dalam traffic atau perilaku pengunjung pada website kita.
 
Ini bisa di setting harian, mingguan, atau bulanan. Untuk pemula yang penasaran untuk meningkatkan traffic atau konversinya, sangat mudah untuk tetap memperhatikannya. Fungsi penting lainnya dari lansiran Custom alert adalah memberi tahu kita secara otomatis tentang tren dalam data web.
 
Ini dapat melacak dan memberi tahu secara real-time tentang peristiwa di situs web baik itu positif atau negatif. Keuntungannya di sini adalah kita  dapat memperbaiki perkembangan negatif sebelum menjadi jelas. kalian dapat melihat screenshot di bawah ini. 
 
 
 
 
2. Channel groupings / Pengelompokan saluran
Mudah untuk mengelola sumber lalu lintas ke situs web dengan fitur pengelompokan saluran. Fitur ini secara default pada laporan analitik dan mengatur serta mengelompokkan sumber lalu lintas umum. 
 
Misalnya, kalian meluncurkan kampanye iklan di Facebook, dan Instagram sebagai taktik media sosial untuk mengembangkan bisnis, pengelompokan saluran akan memungkinkan kita untuk membandingkan dan menganalisis kinerja masing-masing saluran traffic.
 
Agar pemasar ingin lebih spesifik dengan saluran lalu lintasnya, kita dapat membuat pengelompokan saluran khusus dan menerapkannya ke laporan.
 
Efeknya akan terlihat pada tampilan data tetapi tidak akan mengubah data itu sendiri. Untuk menggunakan pengelompokan saluran di GA, saat kita masuk ke laporan dan cari admin di kiri bawah. Klik di atasnya dan akan melihat fitur-fitur yang termasuk dalam pengelompokan saluran.
 
 
 
3. Behavior flow / Alur perilaku
 
Ketika pengguna mengunjungi situs web, mereka berpindah dari satu halaman ke halaman yang lain dalam upaya untuk mencapai keinginan mereka yang mungkin untuk mendapatkan bantuan melalui konten web kita. Ini adalah representasi visual yang dapat membantu memahami bagaimana audiens berinteraksi dengan situs web, konten yang mereka sukai, dan konten yang tidak mereka sukai.
 
 Behavior flow situs web hanya menampilkan node, koneksi ke halaman di situs, dan keluar. Setelah mengonsumsi konten web, apakah audiens mengklik link lain untuk mempelajari lebih lanjut? Atau apakah mereka terpental karena tidak puas? 
 
Ini meningkatkan bounce rate situs dan indikasi yang jelas bahwa kita perlu mengerjakan konten tertentu itu. Di bawah ini adalah tangkapan layar dari aliran perilaku dari blog saya.
 
 
 
 
4. Ecommerce tracking
Bagi yang ingin memulai bisnis ecommerce atau yang sudah terjun di bidangnya. Melacak kinerja situs web Ecommerce atau toko online dapat dilakukan dengan fitur pelacakan Ecommerce di GA. 
 
Sebagai pedagang yang menjual di Shopify atau BigCommerce, Anda pasti ingin tahu dari mana asal pelanggan yang membayar tinggi, bagaimana mereka berinteraksi dengan produk yang kita miliki di toko online, dan produk mana yang lebih berkonversi.
 
 Dengan pengetahuan ini, kita dapat mengidentifikasi lokasi pelanggan yang membuat kalian tersenyum mengingat jumlah penjualan yang telah dilakukan, produk yang mereka sukai, dan hal-hal yang harus diperbaiki untuk terus menjadi yang terdepan dari pesaing. 
 
Berikut adalah cara menyiapkan pelacakan Ecommerce di GA
• Masuk ke laporan di GA
• Klik Admin di kiri bawah dan kalian akan berada di jendela baru
• Klik pada pengaturan Ecommerce
• Aktifkan Ecommerce
• Aktifkan pelaporan Ecommerce yang ditingkatkan dan simpan
• Langkah terakhir adalah menyiapkan kode pelacakan. Pelajari cara melakukannya di sini.
 
Setelah situs Ecommerce Anda dilacak di GA, kita akan mendapatkan wawasan tentang metrik berikut di dasbor; pembelian unik, pendapatan, kuantitas, rasio konversi, pendapatan pesanan rata-rata, dll.
 
 
 
5. Demografi
 
Beberapa digital marketing tidak tahu pentingnya menganalisis demografi pengguna yang mengunjungi situs web mereka. Kategori usia, jenis kelamin, dan minat audiens adalah metrik utama yang penting bagi kita. 
 
Kita dapat menggunakannya untuk membuat keputusan yang dapat meningkatkan kinerja situs web. Ambil contoh, kita menjalankan situs web bisnis kecil tentang pakaian wanita, dan metrik demografi menunjukkan bahwa 80% pengunjung web pada bulan lalu adalah pria dalam rentang usia 18 dan 24 tahun.
 
Itu adalah tanda bahaya bahwa kita menargetkan audiens yang salah. Bisnis clothing line wanita harus memiliki lebih banyak pengunjung wanita. Selain itu, rentang usia 18 dan 24 tahun sebagian besar adalah kaum muda yang bersekolah atau tidak bekerja. Karenanya tidak akan punya banyak uang untuk dibelanjakan untuk pakaian. Di bawah ini adalah bagaimana kita dapat menemukan metrik demografis di GA.
 
 
 
6. Site speed report / Laporan kecepatan situs
 
Kecepatan adalah salah satu faktor utama yang dipertimbangkan Google saat memberi peringkat situs web. Itu bahkan menjadi lebih jelas dengan diperkenalkannya Accelerated Mobile Page, AMP. Tidak memperhatikan salah satu kesalahan SEO yang dibuat ini. Google Analytics melacak waktu buka halaman web kita.
 
Tujuannya adalah memberi kita alasan untuk mempelajari cara meningkatkan kecepatan situs web. Halaman web yang memuat dengan lambat adalah mematikan bagi audiens. Tidak ada yang mau menunggu lama untuk memuat halaman ketika ada banyak halaman web yang bersaing untuk mendapatkan perhatian mereka.
  
Ini dapat meningkatkan rasio pentalan situs web atau bahkan membebani penjualan jika kita menjual secara online. Kecepatan situs adalah indikator situs yang sehat, oleh karena itu perlu dipelajari cara mewujudkannya.
 
 
 
7. Parameter UTM
 
Bagi beberapa digital marketing dan bisnis kecil, ini mungkin pertama kalinya mendengar akronim pemasaran ini. Jangan bingung, UTM hanya singkatan dari Urchin Tracking Modules. Itu adalah kode yang kita tambahkan di akhir URL web. Ini penting jika kita menjalankan kampanye iklan untuk bisnis. 
 
Misalnya, jika menjalankan kampanye iklan di Instagram, Facebook, dan LinkedIn dan menghasilkan banyak penjualan, kita tidak akan tahu platform media sosial mana yang mendorong lebih banyak penjualan kepada kita. 
 
 
 
Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah jika kita menambahkan parameter kampanye ke URL web yang dilacak di GA. Untuk setiap pengguna yang mengklik URL, parameter dikirim ke Google Analytics. Sasarannya adalah untuk mengidentifikasi platform tempat kampanye berkinerja lebih baik dan mengintensifkan strategi di atasnya untuk menghasilkan lebih banyak penjualan di lain waktu. 
 
 
Kesimpulan
Kinerja situs web harus menjadi yang paling penting bagi sebagai pemasar, digital marketing, bisnis kecil, atau seseorang yang mendapatkan penghasilan pasif secara online. Google Analytics memiliki semua yang diperlukan untuk menjaga situs tetap sehat sepanjang waktu. 
 
Fitur Google Analytics diperhitungkan dalam semua aspek situs web baik itu blog, Ecommerce, atau jenis situs web lainnya.
 
Luangkan waktu untuk mengidentifikasi fitur-fitur ini, menjelajahinya, memanfaatkannya dan kita akan terkejut melihat bagaimana mereka dapat menjaga situs web tetap dalam kondisi terbaiknya sepanjang waktu.
 
Semoga bermanfaat, Salam.

Baca Juga :

Tips Untuk Strategi Kampanye Google Ads

Pemasaran Multi Channel, Omni Channel, Cross Chanel dan Marketing Hub Tidaklah Sama

5 Cara Meningkatkan CTR SEO Organik

Google Page Experience Update, Perubahan Algoritma Baru Tahun Ini

6 Tips SEO Internasional yang Harus Diketahui

Faktor Apa Saja Untuk Mendapatkan Peringkat Google

Apa itu Content Marketing dan Mengapa Anda Membutuhkannya

Platform Pemasaran Menggunakan Chatbot Bertenaga AI Untuk Tanya Jawab

4 Cara Menggunakan Data Situs Web Untuk Menemukan Peluang Penjualan Yang Terlewat

5 Cara Menggunakan ML untuk Digital Marketing

About the Author