jasa digital marketing
digital agency
Services

Jasa Maintenance Profesional

Jadi Suka Web

Di sini, di jadi suka web kami bangga memberikan faktor WOW untuk usaha / bisnis Anda.

Cara Membuat Website 5 Langkah Terbaik Gratis



  • Minggu, 16 Mei 2021

Bagaimana cara membuat situs web? Apa yang kamu butuhkan? Jika ada ribuan cara berbeda untuk membuat website, bagaimana kita memilih cara yang benar?
 
Apakah haruskah kita menggunakan platform? Jika ya, yang mana? Apakah perlu belajar coding atau mengandalkan ahlinya Jadisuka Web? 
 
Pada artikel ini, Kita akan mempelajari cara membuat situs web profesional, dan kalian akan menemukan lima cara membuat situs web yang sempurna untuk kebutuhan bisnis. Selain itu, tidak satu pun dari metode ini yang membutuhkan keterampilan pemrograman atau anggaran yang besar.
Apakah prospeknya menggoda? Mari masuk lebih dalam!
 
Apa yang kita butuhkan untuk membuat situs web? Prasyarat
 
Sebelum mulai membuat website sendiri, kita perlu memeriksa apakah semuanya sudah siap. Ini seperti ketika kalian harus melakukan perjalanan dan memeriksa daftar bahwa kalian telah mengemas semuanya!
 
Jadi apa prasyarat untuk membangun situs yang sukses? Mari kita lihat secara berurutan:
 
1. Memiliki citra brand yang jelas. Yang kami maksud adalah memiliki gagasan yang jelas tentang bagaimana logo web akan terlihat, warna apa yang akan dipilih dalam palet khas Anda dan font untuk judul dan teks. Detail ini akan membantu menentukan tampilan web. Ingatlah bahwa psikologi warna sangat penting untuk mendapatkan pengaruh yang tepat!
 
2. Lakukan analisis pasar dan pesaing. Tugas tertentu membutuhkan fase studi yang panjang dan pembuatan situs profesional tidak terkecuali. Sebelum merancang peta situs / sitemap, lakukan riset, cari tahu apa yang ditawarkan pesaing utama di market niche web kalian dan apa prodok dan layanan terbaik di sektor bisnis Anda.
 
3. Ketahui audiens target. Komunikasi terdiri dari dua bagian: pembicara dan pendengar. Tetapi jika kita tidak mengenal pendengar kita, bagaimana menurut kita kita dapat berkomunikasi secara efektif? Inilah sebabnya mengapa sebelum membangun website, ada baiknya mengetahui audiens target.
 
4. Mengetahui desainnya. Saat memikirkan tentang cara membuat website, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah desainnya. Tetapi web yang indah tidak akan ada nilainya jika tidak ada isinya, kemudian pikirkan cara kita ingin berkomunikasi, nada suara yang ingin Anda adopsi. Hanya dengan begitu Anda dapat menulis konten yang sempurna untuk situs website. 

Langkah pertama untuk membuat website yang sukses
 
Sekarang setelah kita memiliki semua kunci brand keyword kita untuk membuat situs yang sejalan dengan citra merek, sebelum meletakkan tangan kita pada platform dan CMS kita harus mengabdikan diri untuk merancang yang dibutuhkan. 
 
1. Buat peta situs
 
Hal pertama yang perlu dipikirkan adalah, halaman mana yang ingin saya sisipkan? Di sebagian besar situs, kami memiliki bagian Tentang (dikenal sebagai halaman Tentang atau about us), halaman Layanan, terkadang kita menemukan Blog / Sumber Daya dan, terakhir, Kontak . Namun, setiap bisnis berbeda dan pilihan untuk dipilih hampir tidak terbatas. 
 
Untuk mengembangkan arsitektur yang kompleks untuk menghubungkan bagian dan halaman yang kita butuhkan, kita membuat apa yang disebut Peta Situs (contoh di bawah) . Ada banyak cara untuk melacak sitemap sebuah situs (tools online)
 
2. Buat Markup
 
Setelah kita memiliki peta di tangan dan mengetahui rute navigasi utama, kita melanjutkan ke fase pembuatan prototipe. Ini bukanlah langkah yang benar-benar diperlukan tetapi ini dapat membuat hidup kita jauh lebih mudah setelah itu.
 
Dengan kata lain, ini adalah tentang membuat pratinjau yang berfungsi tentang seperti apa situs kita nantinya, maket yang secara kasar mengantisipasi hasil akhirnya. 
 
Saat ini ada perangkat lunak yang sedang dibuat di antara desainer grafis dan desainer untuk kemudahan penggunaan dan untuk berbagai fitur yang ditawarkan, itu adalah Figma. Perangkat lunak ini memiliki tiga paket (salah satunya gratis) dan memiliki saluran youtube yang penuh dengan tutorial untuk mempelajari cara menggunakan alat tersebut. 
 
Dengan Figma dimungkinkan untuk membuat versi interaktif dari situs Anda sebelum pengembangan akhirnya. Jelas ini bisa menjadi dukungan untuk mengidentifikasi titik-titik yang saling terkait yang tidak berfungsi dalam jalur navigasi yang dibuat selama penyusunan peta situs. 
 
3. Pilih nama domain
 
Karena kita sudah mendalami fase desain ini, ada baiknya memikirkan nama domain karena merupakan proses yang panjang dan kompleks dan tidak boleh ditinggalkan di bagian akhir. 
 
Beberapa tip untuk memilih nama domain yang sempurna: 
 
a. Lakukan penelitian kata kunci dan coba masukkan kata kunci yang paling menggambarkan merek Anda. Ide nama domain bisa jadi www.domainanda.com 
 
b. Buat agar mudah dibaca.
 
c. Cobalah untuk memuat jumlah karakter, semakin panjang nama domain, semakin sulit untuk diingat
 
d. Pastikan itu belum digunakan. Untuk melakukan ini, ada beberapa tools online gratis seperti Pencarian Domain atau Name.com.

4. Jaga aspek hukum situs web
 
Poin mendasar lainnya untuk membuat situs web tentunya adalah bagian hukumnya. Internet adalah untuk semua orang, tetapi masih ada beberapa aturan yang harus diikuti. 
 
Ingatlah untuk memasukkan cookie dan kebijakan privasi terutama jika Anda bermaksud mengumpulkan data pengguna untuk analisis atau perolehan prospek. Undang-undang yang dimaksud, yang telah berlaku selama bertahun-tahun, adalah GDPR (General Data Protection Regulation).
 
Jika kalian memiliki toko online, ingatlah untuk memasukkan Syarat dan Ketentuan Penjualan untuk mencantumkan semua cara layanan disediakan atau transaksi yang dilakukan. 
 
Terakhir, ingatlah untuk memasukkan data bisnis kalian seperti nomor kontak, dan nama perusahaan di footer.
 
Seluruh bagian yang terkait dengan aspek hukum ini sangat penting. Pergi ke firma hukum yang berspesialisasi dalam hukum pemasaran mungkin merupakan pilihan terbaik untuk mematuhi hukum.
 
Berapa biaya jasa pembuatan website? 
 
Ini mungkin salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan, berapa biaya sebuah situs web? 
Faktor pertama yang mempengaruhi harga pasti layanan hosting. Bergantung pada pilihan kita, angkanya dapat bervariasi dari beberapa juta rupiah hingga beberapa ratus ribu rupiah per tahun. 
 
Faktor kedua adalah ukuran situs, semakin banyak template atau halaman berbeda yang harus dikembangkan, semakin besar jumlah jam kerja yang dibutuhkan.  
 
Faktor lain yang perlu kita pertimbangkan untuk menjawab pertanyaan berapa biaya sebuah situs adalah platform. Bergantung pada layanan dan paket yang kami pilih, total akhir dapat bervariasi. 
 
Terakhir, faktor yang pasti menaikkan harga adalah pembuatan fitur khusus untuk situs atau integrasi dengan platform lain. 
 
Jadi waspadalah terhadap mereka yang menawarkan harga developer web yang terlalu rendah, semua pekerjaan perlu waktu untuk dilakukan dengan hati-hati dan perhatian terhadap detail.
 
Apakah wajib meminta dukungan agensi jasa pembuatan website untuk bisnis Anda? Tidak, terutama jika Anda baru memulai dan mencari solusi yang mudah digunakan, dengan biaya yang sesuai tetapi menawarkan hasil yang profesional. 
 
Bergantung pada kebutuhan Anda, ada berbagai platform yang memungkinkan untuk membangun situs gratis atau berbayar. Mari kita lihat kumpulan yang paling terkenal dan paling populer.
 
1. Anda dapat memulai dengan Wix.com untuk bisnis awal 
Cocok untuk: freelancers, konsultan, bisnis kecil dan penggunaan pribadi
 
2. Anda juga dapat memulai dengan Shopify untuk situs ecommerce
Sempurna untuk: Bisnis toko online yang menjual produk atau dropshipping secara online.
 
3. Ini yang banyak digunakan juga yaitu WordPress
Sempurna untuk: Blogger profesional dan bisnis menengah hingga besar yang membutuhkan kontrol dan fleksibilitas.
 
4. Buat situs satu halaman untuk branding pribadi dengan About.Me
Sempurna untuk: Profesional yang mencari situs satu halaman sederhana untuk menampilkan merek pribadi mereka. 
 
5. Gunakan ClickFunnels 
ClickFunnels adalah platform untuk mendesain saluran penjualan. 
Namun, banyak yang menggunakan platform ini untuk membuat situs web dan saluran penjualan pada saat yang bersamaan.
 
Analisa apa yang harus dilakukan setelah pembuatan web selesai?
 
Dan ketika kita berpikir itu sudah berakhir, saat itulah pendakian dimulai! Yaitu pengembangan website. Tahap selanjutnya untuk pembuatan situs atau blog kita adalah analisis. 
 
Apa yang dimaksud dengan analisis situs? Apa praktik dan tools terbaik yang tidak dapat ditinggalkan? 
 
Menjawab pertanyaan pertama cukup sederhana, analisis situs mencakup seluruh rangkaian aktivitas yang digunakan untuk menemukan dan mempelajari data yang berkaitan dengan kinerja web. 
 
Tampilan halaman, rasio pentalan, pemosisian ... ini semua adalah statistik yang harus dipertimbangkan jika kami ingin memastikan bahwa pengoptimalan SEO kami memiliki efek yang tepat!
 
Untuk analisis situs, sarannya adalah, bersabarlah. Waktu SEO bisa sangat lama, terutama jika Anda baru memulai untuk pengembangan situs baru. 
 
Memeriksa data setiap hari tidak akan membantu Anda meningkatkan peringkat, tetapi akan meningkatkan kecemasan dan membuang banyak waktu. Untuk beberapa bulan pertama, cobalah menjadwalkan pemeriksaan setiap tiga hingga empat minggu, ini akan membantu mendapatkan gambaran keseluruhan yang lebih besar dan lebih realistis. 
 
Tip kedua adalah: fokus pada metrik yang Anda minati. Apakah Anda mencari petunjuk? Periksa tingkat konversi. Apakah ingin memperbesar audience? Periksa jumlah total dan pengguna baru. 
 
Mari beralih ke tools untuk analisis situs. Kita bisa menghabiskan waktu berjam-jam membicarakan ratusan ribu tools yang tersedia secara online (dari SeoZoom hingga SemRush dan Ahrefs internasional) tetapi untuk memulai, mari mengandalkan Google. 
 
Mari kita mulai dengan Google Analytics dan Google Search Console, dua tools canggih dan gratis, yang dapat diintegrasikan satu sama lain, yang dapat memberi kita data tentang kata kunci yang menjadi tempat kita diposisikan dan statistik situs, termasuk: 
 
jumlah klik, 
tingkat bouncing, 
pengguna baru dan kembali, 
konversi, 
tampilan halaman, 
sumber traffic, 
jenis perangkat untuk mengunjungi situs dll.
 
Dari masuknya Core Web Vitals di antara faktor pemosisian, selalu baik untuk memantau kinerja situs juga dari sudut pandang pemuatan: jadi mari tambahkan Google Lighthouse ke daftar ini.
 
Tidak seperti dua tools pertama - yang kode pelacakannya harus input di web - Google Lighthouse dapat diakses dari situs mana pun. Cukup klik kanan pada halaman, pilih Inspect dan dari panel klik Lighthouse. 
 
Dari sini, Anda perlu membuat laporan dan menganalisis hasil untuk melihat kemungkinan area untuk perbaikan di situs web. Tidak peduli berapa lama situs website telah online dan berapa banyak pemeliharaan yang Anda lakukan - selalu ada ruang untuk perubahan!
 
Cara membuat situs web - kesimpulan
 
Singkatnya, berikut ini cara membuat situs web dalam enam langkah:
1. Buat peta situs dan mockup.
 
2. Pilih (dan beli) nama domain.
 
3. Pilih CMS. Tergantung pada kebutuhan Anda, Anda dapat menggunakan Wix, Shopify, Wordpress, About.me atau ClickFunnels.
 
4. Pilih tema.
 
5. Buat berbagai halaman dan masukkan konten Anda.
 
6. Siapkan akun Google Analytics dan Google Search Console untuk melacak kinerja situs web Anda.
 
Lalu bagaimana cara membuat website? Beri tahu kami jika anda membutuhkan jasa pembuatan website SEO, SEM maupun digital marketing di jadisuka web.

Baca Juga :

5 Cara Menggunakan ML untuk Digital Marketing

5 Cara Meningkatkan CTR SEO Organik

Tips Untuk Strategi Kampanye Google Ads

Faktor Apa Saja Untuk Mendapatkan Peringkat Google

Fungsi Tags Dan Keyword Pada Website

Kelebihan dan Kekurangan SEM dan SEO

Algoritme Peringkat Google Terus Berkembang, Bagaimana Kita Melakukannya?

Optimasi Gambar Untuk SEO, Semua Yang Perlu Diketahui

Apa Manfaat Penelusuran Suara Terhadap SEO Untuk Bisnis

Online Marketing Mix Pada Contoh Situs B2C, B2B, C2C Dan C2B

About the Author